Pemdes Bersama Warga Swadaya Benahi Pintu Klep

oleh -67 views
Warga Desa Tulungagung memperbaiki klep Sungai Cimanuk. Foto: Anang Syahroni/Radar Indramayu

INDRAMAYU – Pemerintah Desa (Pemdes) bersama warga Desa Tulungagung, Kecamatan Kertasemaya secara swadaya memperbaiki pintu klep Sungai Cimanuk di Blok Gili yang rusak yang mengakibatkan banjir parah di desa tersebut, Minggu (28/2).

Staf Desa Tulungagung, Iis mengatakan langkah yang diambil pemerintah desa bersama warga, merupakan buntut kekecewaan warga belum adanya penanganan perbaikan pintu klep dari pihak Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung (BBWSCC).

Padahal imbas rusaknya pintu klep ratusan rumah warga di 5 Blok Desa Tulungagung kebanjiran hingga menggungsi.

“Jumat kemarin hanya air naik, kemudian tidak lama surut lagi, air masuk dari pintu klep yang rusak ini. Kalau menunggu perbaikan dari pihak terkait tidak tahu sampai kapan, ya akhirnya kami ambil keputusan swadaya betulkan pintu klep,” ujarnya.

Proses pengangkatan pintu klep yang tertimbun lumpur Sungai Cimanuk berada di Blok Pasar, warga bersama-sama mengakat lempengan besi pintu klep, yang kemudian dilakukan perbaikan.

“Semua dana dan tenaga swadaya, warga tidak ingin kejadian tanggal 8 Februari terulang lagi, sudah trauma, makanya saat beberapa hari yang lalu ada air naik langsung pada menyelamatkan diri, padahal tidak lama surut lagi,” tandasnya. (oni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *