Pembuatnya Orang Lebakmekar Cirebon, Bedug Raksasa Kulitnya dari Malaysia

oleh -91 views
BEDUG : Pengurus Islamic Center Indramayu berfoto bareng pihak pembuat bedug Podo Moro dari Desa Lebakmekar Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon, di Islamic Center Indramayu. FOTO ISTIMEWA

Masjid Islamic Center Syekh Abdul Manan Indramayu saat ini memiliki kebanggaan tersendiri, dengan hadirnya “Bedug Raksasa” dengan ukuran panjang 3 meter dan diameter 2,25 meter. Bedug ini konon merupakan yang terbesar di Asia Tenggara. Siapa orang yang membuat bedug tersebut?

UTOYO PRIE ACHDI, INDRAMAYU

TERNYATA pembuatnya tidak jauh-jauh dan berada di kabupaten tetangga, Cirebon. Tepatnya di Blok 02 Bubulak Desa Lebakmekar Kecamatan Greged, Kabupaten Cirebon. Di situlah tempat perajin bedug dan genjring “Podo Moro” milik bapak Ahmad, yang membikin bedug Islamic Center Indramayu.

Ahmad mengatakan, selain menjual bedug berkualitas, Podo Moro juga menjual berbagai macam alat hadroh, alat musik Islami, serta menerima servis atau perbaikan bedug.

Pembuatan Bedug Raksasa Islamic Center Indramayu ternyata memakan waktu yang cukup lama, yaitu 9 bulan. Pasalnya, untuk mencari kulit kerbau untuk bedug ternyata cukup susah. “Kulit kerbau yang dipakai buat bedug Islamic Center itu kami dapatkan dari Malaysia, karena nyari disini sudah,” kata Ahmad.

Sementara pengelola Islamic Center Indramayu, Drs H Sanusi Ghofur mengatakan, bedug dengan panjang 3 meter dan diameter 2,25 meter ini konon merupakan yang terbesar di Asia Tenggara. “Rencananya akan saya daftarkan ke Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai bedug terbesar,” kata H Sanusi Ghofur.

Sanusi mangatakan, saat ini pihaknya masih mengajukan permohonan ke Museum Rekor Indonesia (MURI) agar bedug tersebut bisa tercatat di MURI. Menurutnya, dalam penganugerahan Rekor MURI nantinya pihak pembuat juga akan diundang, karena namanya memang tercatat dalam data yang telah diajukan ke MURI.
“Insya Allah saat penganugerahan rekor MURI, dari pihak pembuat bedug juga akan kami undang,” ujar Sanusi.

Kedatangan bedug berukuran raksasa tersebut ternyata mendapat sambutan antusias dari warga. Sejumlah jamaah salat Jum’at serta warga yang sengaja datang untuk rekreasi, menyempatkan diri untuk berfoto di bedug raksasa tersebut. “Bedugnya gede banget dan cukup artistik dengan tulisan khot yang indah. Kita sebagai warga Indramayu tentunya ikut bangga,” ujar Indra, salah seorang pengunjung Islamic Center.(oet)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.