PDAM Patrol Alami Kendala Produksi

oleh -57 views
JAWAB KOMPLAIN: Kepala Cabang PDAM Patrol Hendra Rossi menjelaskan proses produksi air bersih, terkait adanya komplain dari pelanggan, kemarin. FOTO: KOMARUDIN KURDI/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Suplai air bersih di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Darma Ayu Cabang Patrol, ke pelanggan tidak optimal akibat terkendala produksi pada air baku. Dalam beberapa hari terakhir air baku mengalami kekeruhan cukup tinggi.

Kepala PDAM Cabang Patrol, Hendra Rossi mengatakan, saat ini air baku hanya bisa diproduksi 90 liter per detik, dari biasanya 110 liter per detik. Dengan menurunnya produksi tersebut berdampak terhadap suplai air bersih ke sambungan langsung (Pelanggan, red) di delapan desa di tiga wilayah kecamatan.

Delapan desa tersebut, diantaranya Desa Bugel, Sukahaji, Arjari Kecamatan Patrol, Desa Sukra, Ujung Gebang, Tegaltaman, Sumuradem, Kecamatan Sukra dan Desa Margamulya, Kecamatan Bongas,” ungkapnya, Senin (29/3).

Hendra menjelaskan, turunya produksi air bersih, karena tingkat kekeruhan air baku sangat tinggi sekali, hingga mencapai 15 000 NTU (Nephelometric Tubidity Unit).

Akibat tingginya tingkat kekeruhan air baku, secara otomatis produksi air bersih tidak optimal.

Di samping tingkat kekeruhan yang sangat tinggi, Instalasi Pengolahan Air (IPA) PDAM Anjatan, yang ada di Bugis, jaraknya dekat dengan Pintu Induk Pembagi air baku Bugis Salamdarma.

“Kalau jaraknya jauh, air baku yang didistribusikan melalui Saluran Sekunder Eretan tersebut akan berkurang. Karena, semakin jauh air baku mengalir, lumpur yang menyatu atau bercampur dengan air akan mengendap dan jatuh dalam perjalanan arus,” terangnya.

Menurut Hendra, terjadinya kekeruhan pada air baku akibat faktor alam. Kondisi tersebut mengalami fluktuasi. Meski demikian pihaknya akan terus berupaya untuk memberikan yang terbaik bagi pelanggan.

Hendra menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan atas terhambatnya suplai air bersih ke sambungan langsung di delapan desa di dua kecamatan tersebut.

Dari penjelasan tersebut juga, kata Hendra, sekaligus menanggapi komplain pelanggan, baik yang datang langsung ke Kantor PDAM Cabang Patrol maupun melalui call center. (kom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *