Pasca Banjir Tanggul Cimanuk Gunungsari Makin Kritis

oleh -132 views
tanggul-sungai-cimanuk-sukagumiwang-indramayu
Kondisi tanggul Sungai Cimanuk di Sukagumiwang, Kabupaten Indramayu. Foto: Anang Syahroni/Radar Indramayu

INDRAMAYU – Pasca terjadinya banjir yang menerjang sebagian besar wilayah di Kecamatan Sukagumiwang, Kabupaten Indramayu, berdampak pada tanggul Sungai Cimanuk yang kritis.

Di Blok Desa, Desa Gunungsari, Kecamatan Sukagumiwang kini kondisinya semakin kritis, bahkan hampir mengikis tanah pemukiman warga.

Sekdes Gunungsari, Turadi mengatakan, terkikisnya tanggul Sungai Cimanuk di Blok Desa, mengundang ketakutan warga setempat.

Pasalnya kebanjiran yang terjadi dua minggu lalu akibat luapan Sungai Cimanuk yang hampir merendam pemukiman warga, turut mengikis tanggul yang semakin parah.

Baca juga: Pendaftaran Pilwu Segera Dibuka

“Sekarang jaraknya tinggal 3 sampai 5 meteran mengikis tanah pemukiman, ya tinggal 3 metaran lagi masuk pemukiman warga, kondisinya masih terbengkalai belum ada penanganan sedangkan tanah terus tergerus,” terangnya.

Dijelaskannya di Desa Gunungsari terdapat 2 titik tanggul Sungai Cimanuk yang kritis, di Blok Desa, dan Blok Bojong Kulon.

Baca juga: Pendaftaran Bakal Calon Kuwu Segera Dibuka, Ini Syarat-syaratnya, Bisa Didownload

Kedua titik tersebut sama-sama berpotensi menyebabkan air masuk ke pemukiman warga saat debit air Sungai Cimanuk dinyatakan siaga, seperti dua minggu yang lalu.

“Blok Bojong Kulon letaknya di gorong-gorong pintu kelep, selama musim penghujan kita bersama warga selalu siaga memantau kondisi tanggul dengan rutin, mudah-mudahan instansi terkait bisa segara memperbaiki,” tandasnya. (oni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.