Pantai Plentong Ditutup Sementara

oleh -644 views
SEPI: Kawasan Pantai Wisata Plentong ditutup selama dua pekan sebagai antisipasi merebaknya virus corona. Akibat kebijakan ini kawasan pantai tampak sepi pengunjung, kemarin (18/3). FOTO: KOMARUDIN KURDI/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU- Pemerintah  Desa Ujung Gebang Kecamatan Sukra Kabupaten Indramayu menghentikan sementara Pantai Plentong dari kegiatan wisata selama empat hari kedepan. Hal tersebut menyusul adanya surat imbauan dari Dinas Pariwisata Kabupaten Indramayu terkait pencegahan dan percepatan penanganan virus corona atua Covid-19.

Kuwu (Kepala desa) Ujung Gebang, H Kusnato SE mengatakan, penutupan aktivitas Pantai Wisata Plentong, dimulai Selasa (17/3) hingga Senin (30/3) nanti. Selama empat belas hari tersebut pengelola Pantai Plentong tidak menerima pengunjung, termasuk penutupan warung kuliner. “Surat imbauan dari Dinas Pariwisata itu, kami sampaikan ke pengelola Pantai Plentong. Apalagi pantai ini milik dan dikelola oleh BUMDes. Dalam surat imbauannya sih empat belas hari dari tanggal 17 Maret hingga 30 Maret 2020,” ujarnya, Rabu (18/3).

Kusnato mengatakan, pihaknya selain mengikuti imbauan tersebut juga mendukung pembatasan aktivitas yang diberlakukan oleh pemerintah dalam upaya percepatan penanganan virus corona.

“Meskipun pengelola pantai dan kami pemdes kehilangan pendapatan dari sektor pariwisata, tapi ini untuk kebaikan kita bersama. Kalau bicara kerugian akibat penutupan selama empat belas hari itu, pendapatan yang diperoleh dari pengunjung serta warung kuliner mencapai ratusan juta rupiah,” ungkapnya.

Selama pentupan sementara, lanjut Kusnato, Pantai Wisata Plentong dijaga oleh pengelola pantai secara bergantian bersama Satgas Pemdes. “Penjagaan dilakukan untuk memberitahu ketika ada pengunjung datang yang belum tahu penutupan sementara,” pungkasnya. (kom)