Operasi Prokes Satgas Covid-19 di RTH Jatibarang, Berikan Masker Gratis Hingga Bubarkan Kerumunan

oleh -69 views
OPERASI PROKES: Tim Gabungan Satgas Covid-19 Kecamatan Jatibarang menertibkan pengunjung RTH agar membubarkan diri, akhir pekan kemarin (17/4). FOTO: ANANG SYAHRONI/ RADAR INDRAMAYU

Ramadan tahun ini masih dalam suasana pandemi Covid-19. Di sisi lain, banyak warga berkerumun di ruang publik untuk sekadar menunggu waktu berbuka. Termasuk di RTH Jatibarang. Ini perlu kerja ekstra. Bagaimana Satgas Kecamatan mengantisipasi kerumunan agar tidak terjadi penularan virus corona?

ANANG SYAHRONI, Jatibarang

SORE itu, Sabtu (18/4) sekitar pukul 17.00, petugas gabungan yang terdiri dari polisi, TNI dan Satpol PP sudah berjaga di areal RTH Jatibarang. Warga yang terlihat berkerumun, di lingkungan ruang terbuka hijau (RTH) langsung dibubarkan.  Yang tidak memakai masker langsung dipakaikan masker medis. Gratis.

Ya, rupanya para petugas gabungan yang notabene Satgas Covid-19 Kecamatan Jatibarang sedang melakukan giat operasi penertiban protokol kesehatan.

 Satgas tidak ingin mengambil risiko, jika RTH menjadi kluster baru penyebaran Covid-19. Sehingga, bagi yang melanggar prokes akan diberi tindakan. Tetapi tetap dengan humanis.

“Kami sangat memberikan perhatian kepada pengunjung  RTH Jatibarang agar tetap memperhatikan prokes. Kami tidak ingin RTH menjadi kluster baru penyebaran Covid-19,” ujar Camat Jatibarang Indra Mulyana SAP MSi kepada Radar Indramayu, di sela operasi penertiban prokes, kemarin.

Untuk mengantisipasi pelanggaran prokes, lanjut Indra, pihaknya tetap melakukan patroli sesuai SOP yang sudah ditetapkan, dimana setiap Jumat dan Sabtu lokasi RTH ditutup mulai jam 18.00 WIB. “Sesuai SOP awal, malam Sabtu dan Minggu RTH ditutup hanya buka sampai pukul 18.00 WIB saja,” terangnya.

Setiap operasi penertiban, lanjut Indra, Satgas selalu membagikan masker kepada para pengunjung, dan mengingatkan mereka agar lebih waspada dalam berinteraksi sosial. “Selama pandemi yang masih berlangsung, Satgas mengarahkan warga agar mematuhi aturan prokes 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak saat di keramaian,” ujarnya.

Sementara itu, pengunjung RTH, Saluki mendukung, operasi prokes yang rutin digelar tim gabungan dari Satgas Covid-19 Kecamatan di sekitar RTH.

Menurutnya, operasi prokes itu dilakukan agar warga selalu waspada dan tetap mematuhi protokol kesehatan. “Saya mengapresiasi Satgas Covid-19 di Kecamatan Jatibarang yang selalu mengingatkan agar masyarakat menerapkan prokes 3M,” tandasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *