Normalisasi Saluran Irigasi, Sambut HUT Ke-76 RI TNI Gelar Karya Bakti

oleh -32 views
SAMBUT HUT RI: Koramil 1614/Anjatan bersama Forkompimcam Patrol dan petani melaksanakan Karya Bakti TNI normalisasi saluran irigasi di Desa Mekarsari, Kamis (5/8). FOTO:KHOLIL IBRAHIM/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Menyambut HUT ke-76 RI, jajaran anggota TNI Koramil 1614/Anjatan menggelar karya bakti normalisasi saluran irigasi di Desa Mekarsari, Kecamatan Patrol, Kamis (5/8).

Bersama jajaran Polsek Patrol, Satpol PP dan pamong desa, kegiatan karya bakti melibatkan puluhan petani. Dengan peralatan seadanya seperti cangkul dan sekop, mereka bergotong royong menguras lumpur dan sampah disaluran sekunder yang melintas di Desa Mekarsari.

Dandim 0616/Indramayu, Letkol Inf Teguh Wibowo melalui Danramil 1614/Anjatan Kapten Czi Samsudin menjelaskan, karya bakti dilaksanakan dalam rangka menyambut hari kemerdekaan RI.

Di samping sebagai inplementasi dari pembinaan teritorial Koramil 1614/Anjatan dalam membatu kesulitan masyarakat dan pemerintah daerah.

“Kerja bakti ini juga sebagai upaya agar masyarakat selalu peduli dengan kondisi lingkungan. Sekaligus sebagai jalinan kerja sama yang baik dan kuat dalam mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat,” jelas Kapten Samsudin.

Dipilihnya normalisasi saluran irigasi, ungkap dia, untuk mengantisipasi ancaman krisis air. Sehingga dengan dilakukan pengurasan, diharapkan distribusi air berjalan lancar sampai ke areal persawahan.

Mengingat kondisi saluran sekunder di desa paling utara wilayah Kecamatan Patrol itu mengalami pendangkalan parah. Tak cuma akibat sendimentasi lumpur, tapi juga tumpukan sampah dan banyaknya semak belukar.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini masyarakat ikut tergerak untuk menjaga aliran air disaluran irigasi tetap lancar. Minimal tidak membuang sampang di sungai,” harapnya.

Pj Kuwu Mekarsari, Dodo Wihardo SE memberikan apresiasi terlaksananya kegiatan karya bakti TNI bekerjasama dengan jajaran Forkompimcam Patrol yang sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat terutama petani. (kho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.