Muluskan Pemekaran, PPKIB Bangun Lobi Politik

oleh -58 views
SILATURAHMI: Jajaran PPKIB menggelar silaturahmi membahas agenda pengawalan persetujuan bersama Gubernur dan DPRD Provinsi Jawa Barat mengenai pemekaran Kabupaten Indramayu, kemarin. FOTO: KHOLIL IBRAHIM/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Panitia Pembantukan Kabupaten Indramayu Barat (PPKIB) mengagendakan safari silaturahmi dengan para anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Dapil VIII.

Safari silaturahmi dilakukan demi memuluskan agenda persetujuan bersama Gubernur dan DPRD Provinsi Jawa Barat mengenai pembentukan Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB) Kabupaten Indramayu Barat (Inbar), yang rencananya dijadwalkan pada triwulan pertama atau awal triwulan kedua tahun 2021.

BACA JUGA: PPKIB Gencar Sosialisasi Pemekaran, Tebar Buku dan Kalender di Sepuluh Kecamatan CDP

“Kalau tidak ada perubahan nanti di bulan Maret atau April 2021. Sembari menunggu itu kita akan bangun lobi-lobi politik dengan anggota DPRD Jabar dari Kabupaten Indramayu, Cirebon dan Kota Cirebon,” kata Ketua PPKIB, Sukamto SH kepada Radar usai silaturahmi jajaran pengurus, Senin (4/1).

Menurutnya, lobi politik perlu dilakukan untuk meminta dukungan. Supaya agenda persetujuan pemekaran Kabupaten Indamayu berjalan mulus, sesuai tahapan yang dijadwalkan oleh Biro Pemerintahan dan Kerjasama Sekda Pemprov Jabar dan Forum Koordinasi Desain Penataan Daerah (Forkodetada) Jawa Barat.

Setelah sebelumnya Gubernur dan DPRD Jabar, memberikan persetujuan kepada 3 CDPOB yang masuk dalam kategori Amanat Presiden (Ampres). Yakni Kabupaten Sukabumi Utara, Kabupaten Garut Selatan, dan Kabupaten Bogor Barat pada awal Desember 2020 lalu.

Pemekaran Kabupaten Indramayu tinggal menunggu giliran untuk segera disetujui Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Persetujuan CDPOB Kabupaten Inbar masuk pada gelombang kedua bersama Garut Utara dan Bogor Timur.

“Iya tinggal tunggu giliran saja. Tapi kami akan tetap berikhtiar, jangan sampai terjadi kendala. Prinsipnya lewat lobi politik kita minta dukungan kepada teman-teman legislator DPRD Jabar Dapil 8,” terangnya.

Dalam silaturahmi jajaran pengurus PPKIB, juga memberikan selaman kepada Nina Agustina Dai Bachtiar dan Lucky Hakim sebagai bupati serta wakil bupati Indramayu terpilih.

PPKIB beraharap, kedua kepala daerah baru itu dapat menangkap keinginan masyarakat luas terhadap perubahan kebijakan dan program yang pro rakyat. Termasuk, turut mendukung dan mengawal rencana pemekaran Kabupaten Indramayu. (kho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *