Muhammadiyah Keluarkan Panduan Ramadan 1442 H

oleh -51 views
H JUBAEDI RAHMAN

INDRAMAYU-Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah resmi mengeluarkan maklumat 1 Ramadan 1442 H jatuh pada Selasa (13/4). Sedangkan 1 Syawal 1442 Hijriah atau Hari Raya Idul Fitri jatuh pada 12 Mei 2021.

Selain mengeluarkan maklumat bernomor 01/MLM/I.0/E/2021. Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah juga telah menerbitkan tuntunan dan pedoman ibadah selama bulan suci Ramadan 1442 Hijriah di tengah pandemi virus Corona (Covid-19).

“Sudah terbit panduannya berdasarkan hasil Munas Tarjih ke-31. Kami warga Muhammadiyah komitmen untuk melaksanakannya,” kata Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Indramayu, Drs H Jubaedi Rahman MSi kepada Radar, Kamis (25/3).

Dia menjelaskan, bulan puasa tahun ini tidak jauh beda dengan Ramadan 1441 H karena masih berlangsung di tengah pandemi. Karena itu penerapan protokol kesehatan Covid-19 harus tetap dilakukan dengan ketat.

Melihat hal itu pula, Majelis Tarjih PP Muhammadiyah mengeluarkan beberapa tuntunan. Diantaranya, puasa Ramadan wajib dilakukan kecuali bagi yang sakit dan kondisi kekebalan tubuhnya tidak baik.

Orang yang terkonfirmasi positif Covid-19, baik yang bergejala maupun tidak wajib berpuasa karena termasuk dalam kategori kelompok yang mengalami sakit. Agar kondisi tubuh tetap fit.

Kemuian, warga Muhammadiyah disarankan menggelar salat berjamaah wajib dan tarawih dilakukan di rumah masing-masing bila di sekitar tempat tinggalnya ada penularan Covid-19.

Namun sebaliknya. Jika tidak ada, maka setiap pengelola masjid maupun musala bisa melaksanakan salat wajib dan tarawih berjamaah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan bagi para jemaah.

Seperti dengan menerapkan saf berjarak bagi jamaah ketika salat berjemaah. Membatasi jumlah jamaah dari kapasitas yang disediakan oleh masjid.

Kegiatan bersama di masjid atau musala yang melibatkan banyak orang dan di dalamnya terdapat perilaku yang berpotensi penyebab penyebaran virus corona, seperti buka puasa bersama tidak dianjurkan.

“Secara detailnya sudah ada di panduan yang dikeluarkan oleh Majelis Tarjih. Termasuk untuk pelaksanaan salat Idul Fitri,” sambungnya.

Jubaedi Rahman menambahkan, menyambut dan mengisi bulan Ramadan 1442 H, Pimpinan Daerah maupun Pimpinan Cabang Muhammadiyah telah menyusun berbagai program. Untuk PDM diantaranya pengajian rutin yang diperluas. (kho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.