Minta Akses Jalan RTH Lebih Diperhatikan

oleh -760 views
DAYA TARIK: Konsep bangunan RTH Jatibarang yang lebih moderen diprediksi akan mampu jadi daya tarik pengunjung. FOTO: ANANG SYAHRONI/ RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU– Kehadiran Ruang Terbuka Hijau (RTH) Jatibarang banyak mendapat sambutan baik dari masyarakat di Kecamatan Jatibarang. Pasalnya hadirnya RTH dapat membawa dampak perubahan yang semakin baik untuk perkembangan kemajuan pembangunan infrastruktur wilayah Jatibarang.

Namun keberadaan RTH harus ikut didukung pembenahan infrastruktur lainnya, terutama akses jalan ke RTH yang harus diperhatikan. Hal itu diungkapkan LPM Jatibarang, Surono.

Menurutnya dalam menyukseskan RTH agar lebih nyaman dan aman butuh sinkronisasi program pembangunan di Jatibatang. Mulai dari pemdes, pemcam, dan pemkab dalam melakukan penataan sarana dan akses menuju RTH.

“Ketika RTH ini jadi harus ada penataan sarana yang lebih baik, pembangunan penataan antara lintas sektoral juga sangat dibutuhkan. Karena bagaimana pun RTH ini akan menjadi simbol kemajuan di Jatibarang,” kata Surono.

Masih menurut Rono, selain membawa dampak positif bagi perkembangan di Jatibarang, keberadaan RTH pun bisa menimbulkan masalah sosial baru. Sehingga dibutuhkan dukungan dari semua stekeholder bukan hanya unsur pembuat kebijakan, baik dari pemdes, pemcam, dan pemkab.

“Akses jalan menuju RTH perlu mendapat penataan dan pembenahan lagi, dan saluran drainase pun harus jadi perhatian. Karena selama ini akses jalannya masih kurang bagus, dan kadang becek, masih butuh pembenahan,” ujarnya.

Ruang terbuka hijau satu-satunya di Kabupaten Indramayu yang desainnya  lebih modern. Mengangkat konsep arcade square yang mana bangunannya berderet saling terhubung. Memiliki fasilitas yang lengkap, mulai sarana olahraga, rekreasi keluarga, sampai taman bermain. Diprediksi bakal menarik seluruh masyarakat Indramayu untuk datang berkunjung dan melihat secara langsung RTH Jatibarang.

“Luar biasa konsep arcade square jadi satu-satunya bangunan RTH di Indramayu, saya sebagai masyarakat Jatibarang sangat bangga. Ingin segera melihat langsung RTH selesai,” ucap warga Jatibarang, Samudin.

Di katakan Samudin konsep RTH Jatibarang yang dinilainya  sangat moderen akan mampu menarik masyarakat lokal dan luar daerah seperti daerah penyangga Indramayu. Bukan hanya menjadi ikonik Jatibarang saja, melainkan RTH Jatibatang menjadi salah satu ikonik Kabupaten Indramayu.

“Mungkin banyak yang akan tertarik datang, butuh kesiapan dari semuanya, terutama dalam penataan, akses jalan harus lebih baik. Selama ini akses jalan masih rusak, semoga ketika selesai di bangun akses jalan bisa lebih bagus lagi, apalagi pemcam bersama pemda akan ikut menata. Semoga bisa berjalan baik, membawa dampak baik pula bagi kemajuan di Jatibarang,” ujarnya. (oni)