Melihat dari Dekat Kesibukan Sang Penyanyi dan Seniman Tarling Hj Aas Rolani

oleh -1.500 views

Mulai Jarang Tampil di Panggung, Kini Buka Sanggar Lana Lani Ganeshwara

Bagi masyarakat pecinta lagu tarling dangdut versi pantura tak asing lagi dengan sosok Hj Aas Rolani. Ia adalah penyanyi dan seniman tarling asal Desa Kasmaran Kecamatan Widasari Kabupaten Indramayu. Seperti apa kondisinya sekarang, setelah jarang tampil di panggung?

ADUN SASTRA, Widasari

BERANGKAT dari keluarga besar seniman, ibunya berprofesi sebagai sinden dan ayahnya sebagai gitaris tarling. Sehingga wajar apabila darah yang mengalir dalam tubuh Hj Aas Rolani adalah penyanyi dan seniman tarling. Sejak kecil ia sudah bisa menyanyi serta mampu menghibur orang dengan suaranya yang khas.

Nama Hj Aas Rolani mulai digandrungi oleh masyarakat pecinta lagu tarling dangdut dengan lagu Mabok Bae itu pada tahun 2000. Sehingga sangat wajar jika ibu dari para penyanyi dan seniman mempunyai keinginan untuk memberikan sumbangsinya di bidang seni bagi masyarakat Indramayu.

Istri dari H Rohadi SH MH kini membuka Sanggar Lana Lani Ganeshwara di tempat tinggalnya Desa Kasmaran Widasari Indramayu, Minggu (21/3). Pembukaan Sanggar Lana Lani Ganeshwara diisi dengan kegiatan bakti sosial (baksos) meliputi pemberian bantuan sembako kepada masyarakat sekitar.

“Kegiatan ini sekaligus menyambut bulan sya’ban dan sebentar lagi datang bulan Ramadhan. Kita isi dengan pembukaan Sanggar Lana Lani Ganeshwara yang bertujuan melatih anak anak di bidang seni,”jelas Hj Aas kepada Radar Indramayu usai membuka kegiatan sanggar.

Tampak hadir tokoh pendidikan Indramayu yang juga mantan dosen Unwir Indramayu Ir Aceh, perangkat desa setempat, para seniman Indramayu dan para undangan. Dijelaskan Hj Aas, pendirian sanggar ini tidak ada tujuan lain kecuali untuk memberikan pendidikan seni. Terutama bagi anak anak yang mempunyai talenta seni dan akan dididik bagaimana memainkan gamelan.

Apalagi saat masa pandemi Covid_19, mereka (anak_anak, red) tidak masuk sekolah dan kita ajak belajar bermain gamelan. Selain belajar gamelan, mereka juga kita latih tari_tarian tradisional dan berlatih vokal “Semua kita ajarkan di dalam Sanggar Lana Lani Ganeshwara. Silakan bagi masyarakat yang mau menitipkan anaknya ke dalam Sanggar,”imbuhnya.

Ditambahkannya, saat ini pihaknya hanya menerima siswa tingkat SD hingga SMP guna diberikan pendidikan seni. Terutama bagaimana memainkan seni gamelan yang akan masuk dalam muatan lokal (mulok) di sekolah. Diakui Hj Aas, sebenarnya saya ingin mengundang Ibu Bupati Indramayu Hj Nina Agustina SH MH CRA, dalam pembukaan Sanggar. Namun untuk saat ini belum, karena baru dibuka dan insya Allah ke depan, kita akan mengundang beliau.”Alhamdulillah beliau sangat merespons dan menyampaikan selamat. Atas pendirian Sanggar Lana Lani Ganeshwara dan semoga bisa membawa harum nama Indramayu baik tingkat nasional hingga internasional;”pungkasnya (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *