Lokasi Pemasangan APK Masih Kosong

oleh -117 views
KOSONG: Salah satu titik lokasi pemasangan APK di tepi jalan raya Haurgeulis tampak kosong atribut paslon bupati dan wakil bupati peserta Pilkada Indramayu 2020, kemarin. FOTO: ISTIMEWA

INDRAMAYU –Musim kampanye Pilkada Indramayu tahun 2020 di tengah pandemi Covid-19, benar-benar landai.

Kesan itu terlihat dari belum maraknya alat peraga kampanye (APK) para paslon cabup-cawabup di titik lokasi pemasangan APK yang telah disediakan. Padahal tahapan kampanye sudah berlangsung hampir satu bulan.

Di wilayah Kecamatan Gantar misalnya. Jalan-jalan protokol, titik-titik strategis yang ditetapkan menjadi zona pemasangan tak tampak APK. Padahal, sebelum penetapan paslon atribut sosialisasi bakal calon marak bertebaran.

Demikian pula di wilayah Kecamatan Haurgeulis. Dari puluhan lokasi pemasangan APK Pilkada Indramayu yang disiapkan oleh KPU, hampir semuanya minim atribut. Tak terkecuali di sepanjang pinggir jalan raya Haurgeulis. “Ya, jarang yang keisi penuh. Umumnya kosong,” ucap Nanang, salah seorang PKD di Kecamatan Haurgeulis, Kamis (22/10).

Lokasi pemasangan APK, lanjutnya, hampir sama seperti pada penyelenggaraan Pemilihan Legislatif (Pileg) serta Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 lalu.

Umumnya berada di pinggir jalan raya, perempatan jalan, tanggul sungai serta tempat-tempat strategis yang tidak melanggar ketentuan. Seperti berdekatan dengan tempat ibadah, kantor pemerintahan, pelayanan kesehatan maupun lembaga pendidikan.

Nanang mengungkapkan, pada Pilkada Indramayu ini para paslon maupun tim sukses lebih memilih memasang APK di kediaman atau rumah-rumah warga yang menjadi pendukung atau relawan. “Sekarang banyaknya di rumah-rumah pendukung. Mungkin lebih aman dan terjaga ketimbang dipasang di pinggir jalan,” katanya. (tim)