Logistik Pilkada Didistribusikan ke PPS

oleh -36 views

INDRAMAYU- Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Jatibarang mulai mendistribusikan perlengkapan atau logistik pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Indramayu, Senin (7/12).

Pendistribusian logistik pilkada yang dikawal petugas TNI, Polri, dan Sat Pol PP Kecamatan Jatibarang. PPK Jatibarang mengirimkan logistik ke PPS di 15 desa yang kemudian akan di salurkan ke KPPS.

Divisi Prodat PPK Jatibarang Daniyanto mengatakan, di wilayah Kecamatan Jatibarang terdapat 140 TPS yang tersebar di 15 desa, yang saat ini logistik pilkada untuk KPPS disalurkan berupa kotak suara, bilik suara, dan perlangkapan lainnya yang terlebih dulu di distribusikan ke panitia pemungutan suara (PPS) di setiap desa. 

“Perlengkapan sudah disiapkan, yang diditribusikan ada di dalam kotak dan di luar kotak, tinggal PPS kembali mendistribusikan lagi ke kelompok penyelanggara pemungutan suara (KPPS),” ujarnya.

Adapun logistik yang disalurkan di dalam kotak suara berupa surat suara, tinta dan pipet tetes, segel, alat untuk memberi tanda pilihan, sampul kertas, karet pengikat surat suara, kantong plastik, tali pengikat paku, surat model C, alat bantu tuna netra, alat penghapus tulisan cair.

Kemudian, lanjut Daniyanto, di luar kotak berupa tanda pengenal KPPS, petugas ketertiban TPS, dan saksi, lem perekat, pulpen, spidol besar, spidol kecil, alat penghapus tulisan cair. Model A.3 KWK berupa salinan DPT, daftar pasangan calon yang memuat nomor urut, foto, nama, serta visi dan misi pasangan calon, gembok, kabel ties, dan alat pengaman lainnya.

“Kelengkapan alat pengamanan covid seperti thermogun, masker, baju hazmat  juga ada yang dikhusukan untuk petugas ketertiban sebagai garda terdepan memeriksa warga yang datang ke TPS,” tuturnya.

Sementara itu, petugas pengamanan pendistribusian logistik Pilkada, Masjidin mengatakan, petugas gabungan melakukan pengawalan dalam pendistribusian logistik ke desa-desa, menjaga agar logistik sampai dalam kondisi baik. “Semuanya telah disalurkan, sampai ditempat dengan baik dan lancar,” katanya.

Distribusi logistik Pilkada juga dilakukan PPK Pasekan. Petugas menyalurkan kepada PPS di 6 desa di Kecamatan Pasekan.

“Alhamdulillah, meskipun dalam cuaca hujan deras, sesuai agenda dari KPU Indramayu, kami hari ini (Senin) mendistribusikan APD, kotak suara, dan surat suara dari PPK kepada masing-masing PPS,” ujar Ketua PPK Kecamatan Pasekan Kusen SH.

Dijelaskan Kusen, yang terlibat dalam proses distribusi antara lain unsur PPK, jajaran Panwascam, TNI, Polri, dan Satpol PP, juga PPS

Kusen berharap, Pilkada Kabupaten Indramayu bisa terselenggara dengan sukses tanpa ekses dan mendapatkan pemimpin yang amanah serta dapat membangun Kabupaten Indramayu lebih baik lagi. (oni/jml)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *