Kondisi Waduk Cipancuh Retak-retak, Dorong Segera Dilakukan Revitalisasi

oleh -38 views
Kecamatan Haurgeulis Kabupaten Indramayu, belum lama ini. Waduk ini akan direvitalisasi agar bisa dimanfaatkan lebih optimal. FOTO: UTOYO PRIE ACHDI/RADAR INDRAMAYU

Waduk Cipancuh di Kecamatan Haurgeulis Kabupaten Indramayu sudah berusia 94 tahun. Kondisinya sangat memprihatinkan. Selain sudah dangkal, tanggulnya juga banyak yang retak. Sangat berbahaya. Terutama saat musim hujan tiba.

UTOYO PRIE ACHDI, Haurgeulis

AKIBAT tidak dirawat dengan baik, waduk yang dibangun saat masa kolonial Belanda itu, tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal. Padahal keberadaan waduk ini sangat vital bagi para petani, khususnya di wilayah Indramayu bagian barat.

Anggota Komisi V DPR RI, H Dedi Wahidi mengatakan, Waduk Cipancuh memang perlu direvitalisasi, karena kondisinya sangat memprihatinkan. Menurutnya, untuk saat ini sedang dilakukan pekerjaan Amdal di Waduk Cipancuh, dan ke depan harus dilakukan revitalisasi.

“Waduk Cipancuh harus dikeruk karena sudah dangkal. Harus dilakukan kerjasama antara pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum, Pemkab Indramayu, dan pihak ketiga untuk melakukan pengerukan. Sehingga waduk bisa berfungsi kembali,” tandas politisi PKB ini, saat melakukan kunjungan ke sejumlah proyek pembangunan infrastruktur, akhir pekan kemarin.

Dikatakan Dedi Wahidi, selain Waduk Cipancuh, saat ini juga tengah dilakukan pembangunan lanjutan Embung Wanakaya dengan anggaran Rp10,8 miliar.

Tahun 2020 lalu, pembangunan embung ini menelan anggaran Rp21,5 miliar. Dengan demikian total anggaran pembangunan  embung ini mencapai Rp32 miliar.

“Pembangunan bendungan maupun embung memang menjadi perhatian kami, karena sebagian besar masyarakat Indramayu adalah petani dan mereka masih banyak yang kesulitan air. Dengan demikian diharapkan predikat Indramayu sebagai lumbung pangan bisa dipertahankan,” tandas Dewa, sapaan akrabnya.

Dedi Wahidi juga memandang perlu untuk dikaji pembangunan bendungan karet di Desa Karangtumaritis Kecamatan Haurgeulis. Bendungan ini untuk menampung air di Sungai Cipunegara agar tidak terlalu banyak yang dibuang ke laut. Justru bisa dimanfaatkan untuk mengairi sawah-sawah.

Sementara Bupati Indramayu, Nina Agustina, menyambut baik program aspirasi yang dibawa anggota DPR RI, H Dedi Wahidi. Menurutnya, langkah yang dilakukan H Dedi Wahidi untuk memajukan Indramayu harus mendapat dukungan penuh.

“Saya sependapat dengan Pak Dedi Wahidi, bahwa kita saling bermusuhan dan beda pendapat cukup lima tahun sekali saat pemilu. Setelah itu kita harus bersinergi untuk sama-sama memajukan Indramayu,” ujar Nina. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.