Komitmen Membangun Moderasi Beragama

oleh -34 views
TERBENTUK: Lima Ketua Pokjaluh dari Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kunginan menggelar deklarasi pembentukan Forum Koordinasi Pokjaluh Ciayumajakuning, Selasa (8/6). FOTO: KHOLIL IBRAHIM/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Forum Koordinasi Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) se-wilayah III Cirebon resmi terbentuk. Itu setelah para ketua Pokjaluh dari Kota Cirebon, Kabupaten  Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kunginan (Ciayumajakuning) menggelar pertemuan di RM Roso Echo Cirebon, Selasa (8/6).

Selain melakuan deklrasi, pertemuan 5 ketua Pokjaluh tersebut juga menghasilkan tiga kesepakatan yang ditandatangani bersama. “Beberapa hal yang disepakati itu kami sebut dengan nama Piagam Cirebon. Untuk mendorong percepatan koordinasi dan konsolidasi Pokjaluh di wilayah Ciayumajakuning,” kata ketua Pokjaluh Kabupaten Indramayu sekaligus penggagas forum, H Muhammad Ali Nurhidayat, SAg MA.

Malin, sapaan akrab Muhammad Ali Nurhidayat menyebutkan, tiga kesepakatan Piagam Cirebon itu adalah yang pertama, mendukung agenda Program Pokjaluh Jawa Barat.

Kedua adalah berkomitmen untuk bersama-sama membangun kerjasama antar Pokajuluh Kabupaten/Kota di wilayah III Cirebon dalam membangun peta potensi keagamaan berbasis online, laporan bukti fisik kegiatan penyuluh dan refreshing tupoksi penyuluh.

Ketiga Forum Koordinasi Pokjaluh bersama-sama berkomitmen membangun moderasi agama. Mendeteksi dini konflik keagamaan dan bersama-sama menjaga suasana kondusif, aman dan damai. Sehingga segala paham yang merusak sendi persatuan bangsa seperti radikalisme, terorisme dan intoleransi dapat dicegah.

“Insya Allah, setelah terbentuknya forum Koordinasi Pokjaluh Ciayumajakuning ini secepatnya merencanakan sebuah kegiatan bersama Saresehan Moderasi Beragama dengan menitikberatkan pada sistem peringatan dan respon dini konflik keagamaan,” tandas Malin. (kho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.