Komitmen Cetak Lulusan Berkualitas dan Berdaya Saing Tinggi di Era New Normal

oleh -24 views
BERPRESTASI : Direktur Akamigas Balongan Ir Hj Hanifah Handayani MT didampingi Ketua Yayasan Bina Islami Indramayu Drs H Nahdudin Islami MSi foto bersama lulusan terbaik Akamigas Balongan dan orang tuanya

SEBAGAI perguruan tinggi yang fokus pada sektor minyak dan gas (migas), dan wujud komitmen dalam melahirkan lulusan-lulusan yang andal atau ahli madya di bidang Teknik Perminyakan, Teknik Kimia, dan Fire and Safety, Akademi Minyak dan Gas (Akamigas) Balongan Indramayu sukses menghelat wisuda ke-18, Rabu (8/12).

Bertempat di Ballroom Hotel Aston Cirebon, 263 mahasiswa Akademi Minyak dan Gas (Akamigas) Balongan terdiri dari  Prodi Teknik Perminyakan 106 mahasiswa, Prodi Teknik Kimia 46 Mahasiswa, dan Prodi Fire and Safety 111 mahasiswa mengikuti proses wisuda yang disaksikan secara langsung oleh para orang tua mereka.

Dalam kesempatan itu, Direktur Akamigas Balongan Indramayu, Ir Hj Hanifah Handayani MT mengungkapkan dengan mengusung tema “Membangun Sinergitas dengan Dunia Industri di Era New Normal” Akamigas Balongan berkomitmen meningkatkan kualitas maupun kuantitas lulusannya, menjadi lulusan yang berkompeten sesuai dengan bidang studinya, berdaya saing tinggi, siap hadapi persaingan di industri pada era new normal, baik itu di dunia industri migas dan non migas, maupun berkontribusi di masyarakat.

“Langkah untuk meningkatkan mutu lulusan, agar memiliki SDM yang dibutuhkan pasar industri, Akamigas Balongan telah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, mulai dari Kementerian Ketenagakerjaan, perguruan tinggi, dan dengan berbagai perusahan-perusahaan nasional dan internasional mulai dari perusahaan migas dan nonmigas,” terangnya.

Dengan di wisudanya 263 mahasiswa dan mahasiswi, lulusan Akamigas Balongan secara legal menyandang gelar akademik sesuai program studinya, dan telah terbukti memiliki kemampuan sesuai dengan bidang akademiknya yang telah diikuti selama 3 tahun menimbah ilmu di Akamigas Balongan, yang secara langsung dibimbing oleh dosen-dosen praktisi yang memiliki kompetensi di bidang studi tersebut.

Selain itu, lanjutnya, Akamigas Balongan selalu memacu para dosen selalu berinovasi dalam menyampaikan materi perkuliahannya, sehingga bisa melakukan perkuliahan baik secara online dan offline.

Sehingga, masa pandemi tidak menjadi halangan bagi Akamigas Balongan dalam memberikan pendidikan yang yang berkualitas bagi mahasiswanya. Serta menjalin kerjasama dengan perusahan-perusahaan bertaraf nasional dan internasional, sebagai wujud meningkatkan kemampuan keahlian para lulusan sesuai dengan program keahliannya  selama mengikuti proses akademik.

“Di saat pandemi, kami telah mempersiapkan segalanya, termasuk melakukan pembelajaran secara online dan offline. Selamat untuk lulusan yang diwisuda tahun ini semoga ilmu yang didapat selama menimba ilmu di Akamigas Balongan, bermanfaat bagi dirinya dan orang lain, dan bisa berkontribusi untuk kemajuan bangsa dan negara,” paparnya.

Ketua Yayasan Bina Islami Indramayu, Drs H Nahdudin Islami MSi mengucapkan selamat kepada para mahasiswa Akamigas Balongan yang telah diwisuda.

Dikatakan Nahdudin, gelar akademik yang diperoleh lulusan menjadi bukti bahwa mereka telah menempuh pendidikan menjadi ahli madya di bidang Teknik Perminyakan (TP), Teknik Kimia (TK), dan Fire and Safety (FS).

“Selamat atas ilmu yang diraih, jaga nama almamater Akamigas Balongan, karena setelah diwisuda akan terjun langsung di tengah-tengah masyarakat, berkecimpung bersama masyarakat. Untuk itu, saya tekankan kepada wisudawan wisudawati jangan mudah menyerah, siap menghadapi tantang, terus semangat dalam meraih impian dan cita-cita,” tuturnya. 

Dalam rangkaian wisuda Akamigas ke-18 ini telah terjalin kerja sama, tiga nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU)  dengan Universitas Sahid (Usahid), Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Migas Balikpapan dan Badan Standarisasi Nasional (BSN). (oni/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.