KMPPA Ajak Masyarakat Lindungi Anak

oleh -38 views
LINDUNGI ANAK: KMPPA Jawa Barat ajak masyarakat Indramayu jamin perlindugan bagi anak saat Semiloka di Auditorium Islamic Center Indramayu, Kamis (15/1). FOTO: ANANG SYAHRONI/ RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU- Kelompok Masyarakat Peduli Perlindungan Anak (KMPPA) Jawa Barat ajak masyarakat lindungi anak. Hal itu disampaikan Ketua KMPPA Jawa Barat, Andri Mochamad Saftari MPd saat acara seminar dan lokakarya (Semiloka) di Auditorium Islamic Center Indramayu, Kamis (14/1).

Menurut Andri urusan rumah tangga pemerintah sangat banyak. Salah satunya terkait persoalan anak. Anak dikatakannya menjadi tolak ukur untuk kemajuan generasi bangsa, khususnya di Kabupaten Indramayu. Untuk membantu pemerintah dalam penyelenggaraan perlindungan anak, sangat diperlukan peran serta masyarakat.

“Berdasarkan apa yang dipaparkan Unit PPA Polres Indramayu dugaan pidana terhadap anak tahun 2020 ada 30 kasus,” ujarnya. 

Dengan seminar lokakarya diharapkan semua unsur pemerintahan dan organisasi masyarakat, agama, dan organisasi sosial bisa berperan mewujudkan lingkungan yang ramah anak. Baik di lingkungan sosial, sekolah, dan keluarga. 

Sementara itu, peserta Semiloka, Ade Irfan Al Anshory menuturkan dalam seminar lokakarya perlidungan anak perlu hadirnya lembaga independen yang dibentuk untuk melakukan pengawasan. Termasuk memberi masukan dan usulan, menerima dan melakukan penelaahan atas pengaduan masyarakat serta melakukan mediasi atas sengketa dan memberikan laporan kepada pihak berwajib tentang adanya dugaan pelanggaran terhadap Undang-undang Perlindungan Anak.

“Perlu adanya lembaga independen yang secara kontinu memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menciptakan suasana yang nyaman bagi anak. Terutama di lingkungan keluarga. Berikan pendampingan kepada pada masyarakat apabila ada kasus yang menyangkut anak,” ujarnya. (oni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *