Kilang Balongan Terbakar, Lalu Lintas Cirebon Indramayu di Jatibarang Padat

oleh -197 views
kebakaran-kilang-minyak-balongan-indramayu
Lalui lintas di Jatibarang Kabupaten Indramayu cukup padat karena dampak pengalihan arus. Foto: Adun Sastra/Radar Indramayu

INDRAMAYU – Kebakaran di Kilang Minyak Pertamina RU VI Balongan Kabupaten Indramayu, Jawa Barat membuat lalu lintas menuju wilayah Cirebon terganggu. Saat ini dialihkan via Pantura Lohbener-Jatibarang.

Laporan Radar Indramayu, arus lalu lintas via Karangampel tidak bisa dilalui kendaraan. Mengingat di Jalan Raya Balongan ditutup mengingat masih terdapat kobaran api kebakaran kilang minyak.

Sedangkan Jl Soekarno Hatta yang merupakan jalur alternatif sedang ditutup karena ada perbaikan jalan. Sehingga lalu lintas dialihkan via Jatibarang melalui Celeng, Lohbener dan mengarah ke Indramayu Kota.

Lalu lintas di kawasan Jatibarang saat ini cukup padat. Mengingat adanya pengalihan arus lalu lintas tersebut.

Sudah hampir 9 jam kilang minyak Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu kebakaran. Sejauh ini, api belum dapat dipadamkan meski sudah lebih mengecil dibandingkan tadi malam. Namun kepulan asal masih membumbung tinggi.

Dari pantauan Radar Indramayu, sedikitnya kini 1.000 orang mengungsi di tiga lokasi yang disediakan. Mereka adalah penduduk dari radius 1-2 kilometer dari kilang yang terbakar.

Kebakaran kilang minyak Pertamina RU VI Balongan masih diupayakan pemadaman. Seperti diketahui telah terjadi insiden di Kilang Pertamina Balongan yang menyebabkan terjadinya kebakaran pada tangki T-301G pada tanggal 29 Maret 2021 mulai sekitar pukul 00.45 dini hari.

Saat ini tim HSSE Kilang Pertamina Balongan tengah fokus melakukan pemadaman api di kilang yang berlokasi di Desa Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti, namun pada saat kejadian sedang turun hujan deras disertai petir.

Corporate Secretary  Subholding Refining and Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional, Ifki Sukarya mengungkapkan, saat ini tengah dilakukan normal shutdown untuk pengendalian arus minyak dan mencegah perluasan kebakaran.

Pertamina telah menyiapkan tempat untuk evakuasi dan pengungsoan sementara bagi warga sekitar di GOR Perumahan Bumi Patra dan Pendopo Kabupaten Indramayu.

Sementara itu, Bupati Indramayu, Hj Nina Agustina saat ini tengah meninjau pengungsi di Pendopo Indramayu ditemani Forkopimda dan Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Ahmad Dofiri. “Mohon kepada masyarakat bersabar,” kata bupati.

Pihaknya tengah mengupayakan penanganan pengungsi juga berkoordinasi untuk percepatan pemadaman kebakaran di kilang. (dun/yud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *