Kejari dan Perum Bulog Tandatangani MoU, Terkait Penanganan Perdata dan Tata Usaha Negara

oleh -40 views
TEKEN NOTA KESEPAHAMAN: Kepala Kejaksaan Negeri Indramayu Denny Achmad SH MH (dua dari kanan) dan Pimpinan Perum Bulog Kantor Cabang Indramayu, Dadan Irawan (dua dari kiri) usai penandatanganan MoU, Selasa (26/10). FOTO: UTOYO PRIE ACHDI/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Perum Bulog Kantor Cabang Indramayu bersama dengan Kejaksaan Negeri Indramayu melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) tentang Penanganan Masalah Hukum Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, Selasa (26/10), di Rumah Makan Barrak Cafe & Resto.

Penandatanganan bersama dilakukan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Indramayu, Denny Achmad SH MH dan Pimpinan Perum Bulog Kantor Cabang Indramayu, Dadan Irawan.

Hadir dalam acara tersebut para jaksa pengacara negara (JPN) pada Kejaksaan Negeri Indramayu, Kasi Datun dan beberapa Kasi di lingkungan Kejaksaan Negeri Indramayu. Sementara dari Bulog hadir juga Wakil Pimpinan Perum Bulog Indramayu Tirta Duwinta, Kasi Pengadaan Perum Bulog Indramayu Nanang Setiawan, Kasi PBI Perum Bulog Indramayu Suyatno, dan Kasi Komersial Perum Bulog Indramayu, Pencius Siburian.

Kepala Kejaksaan Negeri Indramayu, Denny Achmad SH MH mengatakan, berdasarkan UU No. 16 th 2004, tugas dan wewenang Kejaksaan tidak hanya melakukan penuntutan.

Namun dalam pasal 30 ayat 2 menyebutkan, di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, Kejaksaan dengan kuasa khusus dapat bertindak baik di dalam maupun di luar pengadilan untuk dan atas nama negara atau Pemerintah.

“Fungsi itulah yang terkadang kurang dipahami oleh teman teman di pemerintah daerah, BUMN dan BUMD,” kata Denny Achmad.

Menurutnya, hal tersebut sangat disayangkan. Karena Kejaksaan melalui bidang Datun dapat membantu optimalisasi kinerja dengan berkolaborasi melakukan pendampingan hukum (mewakili baik litigasi maupun non litigasi), pertimbangan hukum (legal opinion), Legal Audit dan upaya hukum lainnya (menyelamatkan keuangan negara), yang seharusnya dapat dimanfaatkan.

Sementara Pimpinan Perum Bulog Kantor Cabang Indramayu, Dadan Irawan mengatakan, MoU antara Bulog dengan Kejari Indramayu ini merupakan hal yang positif.

Karena kerja sama tersebut sangat membantu bagi kelancaran kinerja Perum Bulog Kantor Cabang Indramayu, khususnya kendala yang terkait dengan hukum di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara. (oet/dun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.