Jalan “Wisata” Lobang Sewu Mulai Diperbaiki

oleh -60 views
MULAI DIPERBAIKI: Jalan Raya Jenderal Achmad Yani Haurgeulis yang sempat viral disebut sebagai wisata lobang sewu mulai diperbaiki, Senin (22/2). FOTO: KHOLIL IBRAHIM/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Sempat viral, “wisata” lobang sewu atau seribu lubang di jalan Jenderal Achmad Yani Haurgeulis ditutup. Menyusul dimulainya perbaikan jalan utama di pusat kota Kecamatan Haurgeulis itu oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jawa Barat, Senin (22/2).

Sebenarnya, wisata anyar lobang sewu bukan sungguhan. Melainkan sindiran warganet lewat media sosial kepada pemerintah atas kondisi jalan yang rusak.

Pantauan Radar, pekerjaan perbaikan dimulai sekitar pukul 15.00. Sejumlah alat berat diterjunkan untuk meratakan material di atas permukaan aspal yang sebelumnya penuh lubang.

Meski begitu, akses jalan sepanjang sekitar 250 meter mulai dari kawasan alun-alun, pasar, stasiun kereta api sampai depan Polsek Haurgeulis, tidak ditutup.

“Tetap dibuka, karena ini menjadi satu-satunya akses jalan yang bisa dilalui setelah jembatan Harko yang menuju Gantar ambles dan tidak bisa dilewati,” kata Camat Haurgeulis, Rory Firmansyah SSTP MSi saat memonitor perbaikan jalan.

Dari informasi yang diterimanya, perbaikan jalan yang menjadi kewenangan Provinsi Jawa Barat itu dengan cara di-hotmix. Sifatnyapun hanya pemeliharaan.

Sementara itu, Asmari salah seorang warga mengatakan, beberapa hari sebelumnya, material batu sudah tiba. Ditaruh di pinggiran jalan depan pertokoan.

Tak sabar menunggu, oleh warga langsung digunakan untuk menutup lubang-lubang jalan di depan tempat usaha mereka. Lantaran tak sabar. Apalagi kerap ada kejadian pengendara motor terjatuh. “Abang-abang becak juga pada bantu. Soalnya jalan rusak ini menyusahkan usaha mereka juga,” ujar dia.

Dia mengungkapkan, kondisi Jalan Jenderal Achmad Yani sudah rusak parah sejak sebelum banjir melanda. Saat terjadi hujan deras, ruas jalan bisa tergenang hingga 20 centimeter. Lubang jalan tidak kelihatan, tertutup air. Saat surut, menjadi licin karena penuh lumpuh. “Ini jalan ramai, akses jalan kendaraan pribadi dan niaga. Lurus ke barat ke Kabupaten Subang,” katanya.

Tak hanya warga dan pengguna jalan. Kerusakan Jalan Jenderal Achmad Yani disindir warganet. Melalui meme Wisata Lobang Sewu. Viral di media sosial.

Dalam pamflet yang tersebar bahkan menyertakan logo wonderful Indonesia. “Wisata anyar Lobang Sewu. Rasakan sensasinya. Dibuka untuk umum. Buka setiap hari. Gratis 24 jam. Rasakan sensasi penuh gelombang,” demikian keterangan yang tertulis.

Dinamai begitu karena sepanjang jalur tersebut kini sudah terlalu banyak lubang, sehingga menyulitkan pengendara saat melintas. “Iya, viral di medsos. Alhamdulillah sekarang mulai diperbaiki,” tandasnya. (kho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *