Jalan Tol Cipali Ambles, Diawali Terjadinya Hal Ini

oleh -111 views
jalan-ambles-tol-cipali
Jalan ambles di Km 122 Tol Cipali.

CIREBON – Jalan Tol Cikopo Palimanan (Cipali) ambles di kilometer (km) 122, namun tidak ditutup. Melainkan diberlakukan contra flow di km 117 hingga 126, hingga Selasa sore (9/2/2021).

Rupanya, kerusakan ini dimulai dari munculnya retakan. Yang kemudian terus membesar dan memicu terjadinya longsor sepanjang kurang lebih 40 meter.

Baca juga: Jam 2 Dini Hari, Mensos Risma Kunjungi Korban Banjir di Haurgeulis Indramayu

Jalan ambles di Km 122+400 arah Jakarta yang berada di wilayah Subang ini, ditemukan pertama kali pada 8 Februari 2021 pukul 16.00 WIB.  

Intensitas dan curah hujan tinggi mengakibatkan banyak volume air yang masuk ke dalam base layer melalui keretakan.

Ditambah dengan kendaraan berat yang melintas untuk menghindari banjir di Jalur Pantura yang menyebabkan keretakan bertambah pada pukul 22.00 WIB, 9 Februari dan memburuk. Sehingga terjadi keretakan yang lebih besar.

Kemudian ASTRA Tol Cipali berkoordinasi dengan Kepolisian untuk rekayasa lalin dan diberlakukan contra flow mulai pukul 03.00 pada 9 Februari 2021.

Baca juga: Hindari Banjir dan Jalan Ambles Tol Cipali, Bus Tujuan Jakarta Pilih Jalur Alternatif Indramayu

Saat ini masih dilakukan mekanisme contra flow untuk mengurangi beban pada jalan dan juga memitigasi kemacetan.

“Kami sudah berkoordinasi dengan kontraktor untuk melakukan perbaikan jalan pada bahu luar, lajur 1 dan 2 di KM 122+400. Perbaikan diperkirakan memakan waktu 1,5 bulan. Untuk mengurai kepadatan lalin. Saat ini diberlakukan contra flow mulai pukul 03.00 sejak dari KM 117 hingga KM 126. Sedangkan untuk mengurangi beban lalu lintas, akan dibangun lajur sementara di median, diperkirakan memakan waktu 10 hari,” jelas Agung Prasetyo, Direktur Operasi ASTRA Tol Cipali. (rdh/yud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *