Jalan Pondok Asem Makin Parah

oleh -179 views
PARAH: Pemotor terlihat berhati-hati menghindari lubang jalan di Jalan Pondok Asem, Kecamatan Kertasemaya, kemarin. FOTO: ANANG SYAHRONI/ RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU- Aspal jalan sudah tidak lagi utuh. Hanya lubang jalan dan kerikil batu dari aspal yang tampak mengelupas, berserakan dan bercampur dengan tanah.

Hal itu terjadi di Jalan Pondok Asem Kecamatan Kertasemaya. Kerusakan jalan poros kabupaten yang menghubungkan dua desa, yakni Desa Tulungagung dan Desa Jengkok sebenarnya sudah lama dikeluhkan warga. Namun, hingga saat ini belum juga ada perbaikan.

Sekretaris Desa (Sekdes) Tulungagung, Iis mengatakan, Jalan Pondok Asem adalah jalan poros kabupaten, sehingga perbaikannya bukan kewenangan pemerintah desa, namun menjadi tanggung jawab atau kewenangan pemerintah daerah.

“Terakhir perbaikan itu kalau gak salah setelah tahun 2015, sudah sangat lama sekali, ya pantas jika sekarang kondisinya rusak parah. Pemdes tidak bisa berbuat banyak karena perbaikan jalan bukan kewenangan kami,” terangnya.

Hal itu, lanjut Iis, karena Jalan Pondok Asem merupakan akses jalan utama dua blok, dari desa yang berbeda. Sehingga, apabila pemerintah desa yang melakukan perbaikan akan menyalahi aturan dalam penggunaan anggaran.  

“Jalan Pondok Asem merupakan jalan perbatasan antara Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Cirebon, ya masyarakat banyak yang mengeluhkan kondisi jalan saat ini,” ujarnya.

Sedangkan, warga Pondok Asem, Tarwan (46) mengungkapkan, warga sangat mengeluhkan kondisi jalan raya pondok asem yang semakin hari kian memperihatinkan. Menurutnya, akses jalan satu-satunya warga untuk keluar masuk desa mengalami kerusakan sangat parah.

“Lubang jalan terdapat dimana-mana, dan akan terlihat semakin memperihatinkan di saat wilayah Kertasemaya diguyur hujan lebat, lubang jalan akan digenangi air hujan sehingga membahayakan pengguna jalan,” ujarnya.

Menurut Tarwan, warga berharap Jalan Pondok Asem dapat segera mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah atau instasi terkait.

“Kami mewakili warga berharap agar Jalan Pondok Asem diperbaiki sesegara mungkin untuk kenyamanan warga ketika beraktivitas. Kalau bisa dibeton seperti jalan lainnya, agar lebih tahan lama,” harapnya. (oni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.