Jalan Pantura Rawan Pohon Tumbang

oleh -139 views
RAWAN TUMBANG: Pohon besar yang berjejer di sepanjang jalan pantura Jatibarang rawan tumbang, kemarin. FOTO; ANANG SYAHRONI/ RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU- Jalan Raya Pantura, tepatnya di sepanjang Jalan Pilangsari sampai Sukalila, Kecamatan Jatibarang rawan dengan pohon tumbang. Pasalnya, di sepanjang jalur itu terdapat pohon-pohon besar, yang berpotensi tumbang.

Salah seorang warga, Taryudi (36) mengatakan, keberadaan pohon-pohon besar dengan dahan yang menjulur ke jalan perlu perhatian instansi terkait. Menurutnya, perlu pemeliharaan kondisi jalan agar aman bagi penggunanya.

“Ya paling bahaya ketika dahannya sampai separuh jalan di atas jalan, tiba-tiba patah, bisa berakibat fatal bagi pengendara terutama pemotor,” ujarnya.

Kondisi ini, lanjut Taryudi, butuh langkah antisipasi dinas intansi terkait untuk melakukan pemeliharaan, pemangkasan dahan dan ranting pohon yang masuk dalam kategori rawan tumbang dan rawan patah.

“Bisa memangkas dahan besar atau mulai memangkas pohon-pohon yang besar yang sudah tua karena bisa membahayakan pengguna jalan, apalagi musim-musim penghujan,” paparnya.

Warga lainnya, Ramdan mengatakan, adanya pohon-pohon besar di pinggiran jalan pantura menjadi salah satu penyejuk bagi pengendara motor. Akan tetapi sangat berbahaya apabila saat hujan deras diseratai dengan angin kencang. “Pernah di Pantura Jatibarang Baru pohon tumbang untungnya pohon tumbang ke saluran, jadi tidak ganggu dan membahayakan pengguna jalan, yang dikhawatirkan tumbang atau dahan patah kearah jalan,” ujarnya. (oni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *