Jalan Desa Pagedangan Longsor karena Tergerus Sungai Cimanuk

oleh -171 views
jalan-desa-pagedangan-longsor-sungai-cimanuk
Kondisi Jalan Desa, Desa Pagedangan yang amblas terkena dampak luapan Sungai Cimanuk. Foto: Anang Syahroni/Radar Indramayu

INDRAMAYU – Dampak luapan Sungai Cimanuk menggerus jalan desa dan tebing penahan longsor. Lhususnya di Desa Pagedangan, Kecamatan Tukdana, Kabupaten Indramayu.

Jalan sepanjang 100 meter ikut tergerus, Kamis (4/3/2021). Sekertaris Desa (Sekdes) Pagedangan, Ade Supriyatna menyebutkan rusaknya tanggul dan membuat jalan amblas sebenarnya telah terjadi sejak lama.

Namun kondisi terparah pasca dihantam luapan Sungai Cimanuk, pada bulan lalu, mengakibatkan jalan desa amblas, yang sebelumnya lebar jalan desa 2,5 meter, saat ini tinggal 80 centi meter saja.

“Jelas akses jalan hanya bisa di lintasi kendaraan motor saja, itu pun harus bergantian, tidak bisa dari dua arah bersamaan, mobil tidak bisa lewat,” ujarnya.

Baca juga: Motor Dilindas Truk, Pengemudi Wanita Terpental dan Luka Berat

Meski kondisi jalan akibat luapan Sungai Cimanuk, sudah sangat parah hingga saat ini belum ada tanda-tanda kapan penanganan perbaikan tanggul dan jalan desa.

Padahal dikatakanya kondisi jalan sudah ditinjau secara langsung oleh pihak Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung (BBWSCC).

Pemerintah desa belum mengetahui secara pasti kapan akan dilakukan perbaikan melihat kondisi yang sudah sangat membahayakan, dan akses jalan warga akan terputus secara total.

“Ada 3 titik di satu blok, di RT 03 dua titik, dan di RT 04 satu titik, pernah sih pada Desember 2020, di perbaiki hanya di pancang gunakan kayu saja, sekarang sudah terbawa arus,” ujarnya. (oni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *