Jaga Netralitas, Teken Pakta Integritas

oleh -50 views
PAKTA INTEGRITAS: Para ketua RT, RW, aparat desa dan BPD di enam desa se-Kecamatan Kandanghaur yang menggelar Pilwu Serentak melakukan penandatangan pakta integritas, kemarin. FOTO: KHOLIL IBRAHIM/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU –Enam desa di wilayah Kecamatan Kandanghaur menggelar Pemilihan Kuwu (Pilwu) Serentak tahun 2021. Yakni Desa Eretan Kulon, Eretan Wetan, Wirakanan, Wirapanjunan, Karanganyar dan Desa Ilir.

Menjaga netralitas, para ketua RT, RW, aparat desa dan jajaran BPD di enam desa itu melaksanakan penandatangan pakta integritas. “Ini dilakukan sebagai sikap netralitas elemen pemerintahan desa pada Pilwu Serentak 2021,” kata Camat Kandanghaur, Iim Nurohim SSos MSi kepada Radar, Jumat (19/3).

Selain itu, penandatanganan pakta integritas juga merupakan aktualisasi komitmen semua elemen pemerintahan desa untuk sama-sama mendinginkan suasana dengan mengambil sikap tidak memihak calon kuwu siapapun.

Harapannya akan terjadi kompetisi yang demokratis sehingga kondusifitas selama tahapan pelaksanakan Pilwu dapat terwujud. “Para ketua RT, RW, pamong desa dan BPD ini adalah orang-orang yang ditokohkan dan berpengaruh. Di sisi lain, tidak dipungkiri mereka mungkin memiliki kedekatan dengan salah satu calon kuwu. Maka, pakta integritas ini mempertegas sikap mereka untuk netral,” jelasnya.

Untuk menjamin kemurnian integritasnya itu,  setiap mereka dituntut harus bisa melepas diri dari ragam pengaruh dan intervensi kepentingan politik praktis Pilwu.

Apalagi sampai-sampai menyatakan keberpihakan atau ikut terlibat dalam mendukung kemenangan kandidat tertentu. “Pakta integritas ini merupakan dasar rujukan untuk mengambil langkah tegas, jika ternyata masih ada yang nakal, atau ingkar dari perjanjian yang sudah ditandatangani,” tegas Camat Iim. (kho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *