Inovasi untuk Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Peserta Didik

oleh -81 views
JALIN KERJA SAMA : Kepala SDUM Patrol Indra Mahendra ST (kanan) bersama Center Director EF Cirebon Dela Putri (kiri) saat penandatanganan kerja sama program pembelajaran EFun Class, kemarin.

Terobosan  terus dilakukan Sekolah Dasar Unggulan Muhammadiyah (SDUM) Patrol. Dalam upaya meningkatkan kemampuan bahasa Inggris peserta didik dengan cara yang inovatif.  Langkah nyata yang dilakukan adalah menjalin kerjasama dengan English First (EF) Cirebon. Sebuah lembaga kursus bahasa Inggris terbesar dan terpopuler di Kota Cirebon.

KHOLIL IBRAHIM, Patrol

SDUM Patrol mengumumkan kerja sama dengan EF Cirebon dalam program pembelajaran EFun Class. Yakni penerapan metode pembelajaran Bahasa Inggris yang menyenangkan. Sehingga mampu membangun kepercayaan diri para peserta didik dalam berbicara bahasa Inggris melalui permainan interaktif.

Penandatanganan MoU antara Kepala SDUM Patrol Indra Mahendra ST dengan Center Director EF Cirebon Dela Putri telah dilakukan pada 20 April 2021 lalu.

“Indonesia dikelilingi negara-negara lain yang mayoritas menggunakan bahasa Inggris, baik sebagai bahasa ibu, maupun sebagai bahasa keduanya. Karenanya, pembelajaran BahasaInggris saat ini menduduki posisi yang sangat penting dalam dunia pendidikan dalam menjawab tantangan global. Maka dari itu kami menggandeng EF Cirebon menjalin kerjasama dalam program pembelajaran EFun Class,” terang Indra Mahendra kepada Radar, Senin (24/5).

Rencana kerja sama ini akan dilaksanakan secara bertahap dan diadakan per periode dengan jadwal yang sudah disesuaikan oleh pihak SDUM dengan EF Cirebon.

Dia memastikan, program ini sangat bermanfaat untuk para siswa. Merekapun akan akan tertarik dan mudah menyerap materi pembelajaran melalui cara belajar yang inovatif untuk membangun karakter positif.

“Insya Allah, kemampuan bahasa Inggris aktif anak-anak kami akan semakin meningkat. Hal ini sejalan dengan visi SDUM Patrol. Yakni membentuk generasi muslim penghafal Alquran yang unggul, berahlak mulia, berwawasan luas dan menguasai teknologi,” jelasnya.

Sebelumnya, sekolah dasar favorit di wilayah barat Kabupaten Indramayu meluncurkan program ekstrakurikuler teknologi informasi dan robotic.

Program ini melengkapi 6 program unggulan yang telah dimiliki sekolah yang beralamat di Jl KH Ahmad Dahlan Nomor 10 Desa Patrol Lor, Kecamatan Patrol tersebut. Antara lain Tahfiz Quran, bahasa Arab dan bahasa Inggris, Informasi Teknologi, Full Day School, Filed Trip dan Interpersonal Skill.

Rencananya, program Teknologi Informasi dan Robotic akan dilaksanakan pada tahun ajaran baru 2021/2022 setelah pemerintah membolehkan proses pembelajaran tetap muka. Diperuntukan untuk peserta didik kelas 4, 5 dan 6.

Menurutnya Indra Mahendra yang saat ini sedang melanjutkan studi S2 Pascasarjana Managemen Pendidikan Islam di Institut Agama Islam Negeri Syekh Nur Jati Cirebon, program unggulan terbaru ini dilatarbelakangi oleh tantangan dunia kerja di masa depan akan sama sekali berbeda dengan saat ini.

Sehingga pendidikan tidak hanya unggul dalam ilmu pengetahuan. Tapi harus dibarengi dengan pendidikan akhlaq sejak dini dan juga harus mampu memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kemampuan sumberdaya  manusia. Sehingga peserta didik dapat bersaing secara global.

Mewujudkan program ekstrakurikuler Teknologi Informasi dan Robotic, SDUM Patrol telah bekerjasama dengan Lembaga Pelatihan CDI Training Center Jakarta. Kerja sama ditandai dengan penandatanganan MoU antara Kepala SDUM Patrol Indra Mahendra, ST dengan General Manager Lembaga Pelatihan CDI Training Center Jakarta M Indra Ghani SKom pada 11 Maret 2021 lalu.

Pihaknya optimis, dengan adanya program unggulan yang baru ini, prestasi akademik dan non akademik peserta didik juga terus meningkat. Sebelumnya, dengan 6 program unggulan yang tersedia dan masih berjalan, SDUM mampu mencetak siswa-siswi beprestasi ditingkat daerah, provinsi, nasional bahkan internasional.

Diantaranya juara umum tingkat SD/MI lomba Porseni Pelajar Muhammadiyah se-Indramayu tahun 2018, juara peserta tergiat FLSO tingkat Jabar tahun 2019 yang diadakan STKIP Sumedang.

Kemudian juara 3 Speech English tingkat Jabar tahun 2019 yang diadakan di Lembang serta meraih 3 medali perunggu pada Olympiade Alquran Tingkat Internasional.

Belum lagi prestasi yang diperoleh dari ekskul lainnya seperti Hizbul Wathan, Tapak Suci, Rumah Tahfidz, Paduan Suara, Seni Tari, Menggambar dan Olahraga yang tetap berjalan dan semakin dilakukan penguatan dengan berkerja sama dengan lembaga pendidikan ternama.

“Banyak hal yang kami harapkan melalui kegiatan ekstrakurikuler ini. Salah satunya, sebagai wahana pembinaan bakat, memantapkan jati diri peserta didik melalui proses dan lebih mengaitkan antara bidang ketrampilan dengan pengetahuan yang diperoleh dalam program kurikulum,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.