Harga Bawang Putih Mulai Turun, Pemerintah Gencar Lakukan Operasi Pasar

oleh -439 views

INDRAMAYU-Sempat naik drastis, harga bawang putih di pasar tradisional berangsur turun di kisaran Rp35 ribu sampai 40 ribu per kilogram.

Sebelumnya, harga salah satu bumbu masak itu sempat melambung tinggi hingga Rp50 ribu/kg. Melambung lebih dari 100 persen dari harga normal di kisaran Rp22-25 ribu/kg.

“Alhamdulillah, sekarang sudah mulai turun. Tapi masih tetap mahal sih,” ujar Arum, salah seorang konsumen di Pasar Induk Sayuran Patrol, Selasa (3/3).

Dari kabar yang diterimanya, turunnya harga bawang putih setelah pemerintah gencar melakukan operasi pasar. Respons pemerintah menyusul meroketnya harga bawang putih impor semenjak geger mewabahnya virus corona di China.

Sebagaimana diketahui, pasokan bawang putih yang ada di pasar sayur terbesar di wilayah Inbar itu memang berasal impor dari China.

Namun demikian, Arum khawatir turunnya harga hanya sementara waktu. Pasalnya, geger virus corona masih terus berlanjut. “Tahu sendirikan, harga sayuran tidak dapat diprediksi. Apalagi sekarang musim penghujan,” katanya.

Tak hanya bawang putih, harga cabai merah juga mengalami penurunan. Pedagang membanderol cabai merah dengan harga Rp30 ribu per kilogram. Harga ini jauh lebih murah dibanding harga beberapa minggu lalu yang sempat meroket sampai di harga Rp45 ribu per kilogram.

“Normalnya sih duapuluh ribuan sekilo. Mudah-mudahan harganya berangsur turun dan kembali stabil. Kasihan konsumen juga, kalau mahal jarang yang mau beli banyak,” katanya. (kho)