H-2 Coblosan, Maksimalkan Pembersihan APK

oleh -61 views
DIBERSIHKAN: Satpol PP Patrol membersihkan APK pada H-2 menjelang Pilkada Indramayu 2020, Senin (7/12).

INDRAMAYU-Pelaksanaan Pilkada Indramayu 2020 tinggal menghitung hari. Pada masa tenang menjelang pencoblosan mestinya alat peraga kampanye (APK) telah bersih dari jalanan. Kewajiban mencabut APK sedianya berada pada masing-masing calon kepala daerah sebagai pihak pemasang.

Namun di lapangan, APK para calon bupati dan wakil bupati Indramayu masih bertebaran di sudut-sudut jalan berbagai pelosok pedesaan di Bumi Wiralodra.

Kondisi ini membuat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) mesti turun tangan. Bersama tim gabungan, Panwascam dan PPK memaksimalkan pembersihan APK, Senin (7/12). Spanduk hingga baliho para kontestan yang menempel di pohon hingga tiang listrik dicopot.

Alhasil, sebanyak 105 APK dari berbagai jenis dan ukuran yang masih terpasang berhasil dibersihkan. Baik yang berada di zona maupun diluar area pemasangan.

“Masa tenang, APK harus bersih di semua wilayah. Begitu juga pada lokasi-lokasi di mana TPS akan digunakan tanggal 9 Desember,” kata Kasi Trantib Kecamatan Patrol, Bagus T SE.

Diakuinya, ada beberapa kendala saat penertiban berlangsung. Kendala tersebut disebabkan karena APK tidak bisa terjangkau seperti terhalang tegangan listrik, berada diatas pohon serta faktor cuaca. “Kendala utamanya karena faktor cuaca. Hujan terus sepanjang hari. Tapi alhamdulillah selama kegiatan berlangsung aman terkendali,” ujarnya.

Penertiban dilakukan berdasarkan permohonan dari Panwascam. Sebelumnya, badan pengawas pemilu itu telah memberikan imbauan kepada semua tim pasangan calon dan tim sukses untuk menertibkan APK selama masa tenang. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *