Gerebek Warga yang Tidak Bermasker

oleh -49 views
DISIPLIN PROKES: Tim Grebek Covid-19 Kecamatan Jatibarang menjaring beberapa warga yang tidak memakai masker di Desa Jatisawit, kemarin. FOTO: ANANG SYAHRONI/ RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU- Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 di tingkat kecamatan gencar melakukan razia masker.  Bahkan, tim gugus tugas terjun ke desa-desa untuk mengajak masyarakat dispilin protokol kesehatan (prokes) 3 M, yakni mencuci tangan dengan sabun, memakai masker dan menjaga jarak.

Langkah ini dilakukan Satgas, merespons tingginya penyebaran virus corona dan kembalinya Kabupaten Indramayu menjadi zona merah Covid-19.

Seperti yang dilakukan Satgas Covid-19 Kecamatan Jatibarang, kemarin. Para petugas gabungan Polri, TNI, dan Satpol PP melakukan gerebek Covid-19 di Blok Musang, Desa Jatisawit, Kecamatan Jatibarang.

Kapolres Indramayu AKBP Hafidh Susilo Herlambang melalui Kapolsek Jatibarang AKP Alka Nurani menyebutkan, giat gerebek Covid- meliputi operasi yustisi dan pendisiplinan masyarakat dalam pemakaian masker.

Selain itu, pihaknya juga melakukan sosialisasi prokes 3M kepada masyarakat secara langsung masuk ke permukiman warga. “Ada beberapa agenda yang tim lakukan, seperti memberikan imbauan kepada masyarakat secara langsung, dan mensosialisasikan bahaya Covid-19 keliling desa, agar warga semakin memahami pentingnya penggunaan masker dan menerapkan prokes 3M,” ujarnya.

Pantauan di lapangan dalam operasi yustisi itu, tim gabungan berhasil menjaring warga yang masih beraktivitas tanpa memakai masker. Bagi warga yang terjaring, anggota tim gabungan mendata dan memberikan pemahaman pentingnya pemakaian masker dalam suasana adaptasi kebiasaan baru yang masih pendemi Covid-19.

Dalam kesempatan itu juga, tim gabungan bersama pemerintah desa melakukan penyemprotan cairan disenfektan di jalan, permukiman warga dan tempat ibadah untuk memastikan warga aman dari virus corona.

Gerebeg Covid-19 mendapat sambutan dari masyarakat. Salah seorang warga, Ubaedillah (42) berharap, operasi gerebek Covid-19 bisa terus dilaksanakan guna meningkatkan rasa kesadaran masyarakat terhadap pentingnya penerapan prokes dalam aktivitasnya, selama masa pandemi belum berakhir. (oni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *