Gencar Operasi Yustisi Prokes

oleh -64 views
SANKSI TEGA S: Tim Satgas Covid-19 Kecamatan Jatibarang melakukan operasi yustisi ke sejumlah tempat usaha, kemarin.

OPERASI yustisi penegakan protokol kesehatan (prokes) selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat juga digencarakan di sejumlah kecamatan. Seperti dilakukan di wilayah Kecamatan Jatibarang, kemarin.

Kegiatan yang dipimpin langsung Kapolsek Jatibarang, Kompol Alka Nurani SH ini menyasar tempat-tempat pertokoan, apotek, dan minimarket yang ada di wilayah hukum Polsek Jatibarang.

Dalam operai itu, selain memberikan sanksi tegas kepada 1 apotek dan minimarket, petugas pun turut memberikan sanksi tindak pidana ringan (tipiring) kepada satu toko furnitur yang ada di Jalan Sojar.

“Empat pengunjung toko yang tidak kenakan masker kita berikan peringatan dan sanksi tertulis, sementara 1 apotek, 1 minimarket, dan 1 toko furnitur, kita kenakan sanksi tipiring yang akan di sidang oleh pihak pengadilan,” ucap Alka seusai operasi yustisi.

Dijelaskan Alka, pelanggaran protokol kesehatan yang diabaikan tempat usaha adalah tidak memiliki thermogun untuk mengecek suhu tubuh konsumen, tidak ketat memberlakukan prokes dengan membiarkan konsumen tidak memakai masker saat masuk ke tempat usaha.

“Sanksi administratif ini karena mereka tidak patuh terhadap prokes, makanya kami berikan penindakan lebih tegas lagi pada pelaksanaan PPKM Darurat. Apa yang kami lakukan ini untuk memutus penyebaran Covid-19 khususnya di wilayah hukum Polsek Jatibarang,” paparnya.

Alka meminta kepada pemilik usaha untuk melangkapi persyaratan saat membuka usaha dengan menyediakan sarana prokes yang lengkap, mulai dari sarana cuci tangan, menyediakan thermogun, menyediakan hand sanitizer, dan mewajibkan konsumennya memakai masker saat masuk toko.

“Bagi toko yang punya thermogun wajib dipergunakan, dan menegur konsumen yang tidak pakai masker. Kita akan terus gelar operasi yustisi, dan akan tindak tegas para pelanggar baik itu warga yang tidak pakai masker, toko atau minimarket yang masih belum menerapkan prokes secara ketat,” terang Alka.

Diungkapkannya, selama melaksanakan operasi yustisi yang digelar anggota Polsek Jatibarang bersama Satgas Covid-19 Kecamatan Jatibarang sejak tanggal 5 Juli 2021, sudah terjaring 11 tempat usaha baik itu minimarket, toko mas, apotik, toko furniture, yang terkena sanksi administratif sanksi tipiring, dan 13 orang yang tidak pakai masker mendapatkan sanksi tertulis.  “Dengan sanksi tegas diharapkan meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap penerapan prokes,” katanya.

Turut serta dalam operasi yustisi, Camat Jatibarang Indra Mulyana AP MSi, Danramil Jatibarang Kapt Kav Sugianto, dan 9 anggota Polsek Jatibarang, 2 anggota Koramil Jatibarang, dan 2 anggota Satpol PP Kecamatan Jatibarang. (oni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.