Gencar Operasi Yustisi, Dirikan Posko PPKM di Desa

oleh -43 views
TERJARING RAZIA: Satgas Covid-19 Kecamatan Sukagumiwang membagikan masker kepada pengguna jalan yang tidak memakai masker, kemarin. FOTO: ANANG SYAHRONI/ RADAR INDRAMAYU

Kasus virus corona yang terus menanjak, membuat Satgas Pencegahan Covid-19 terus bergerak. Termasuk Satgas di Sukagumiwang. Salah satunya dengan melakukan operasi yustisi.

ANANG SYAHRONI, Sukagumiwang

PENGENDARA sepeda motor tampak kaget saat melintas di Jalan Raya Sukagumiwang. Pasalnya, banyak petugas dari kepolisian sektor yang berjaga di jalur itu. Ada sekitar 10 anggota polisi. Selain itu, tampak dua personel dari TNI dan enam dari Satpol PP Sukagumiwang ikut siaga. Padahal, kegiatan itu rutin dilakukan.

Yakni operasi yustisi. Para personel gabungan ini memberhentikan setiap pengendara yang melintas di jalur itu. Jika lengkap memakai masker, pengendara diperbolehkan jalan. Tetapi, bagi pengendara roda dua dan roda empat yang kedapatan tidak memakai masker diberhentikan.

Pengendara lega, karena hanya didata dan diberikan peringatan lisan untuk disiplin memakai masker saat bepergian keluar rumah. Tidak hanya itu, pengendara juga senang karena diberi masker gratis.

Kapolres Indramayu AKBP Hafidh S Herlambang melalui Kapolsek Sukagumiwang Kompol Lindon A Siregar yang langsung memimpin kegiatan tersebut mengatakan, operasi yustisi secara rutin digelar jajaran Polsek Sukagumiwang. Hal itu bentuk pendisiplinan masyarakat terhadap kepatuhan protokol kesehatan (prokes) di wilayah hukum Polsek Sukagumiwang.

Diakuinya, operasi yustisi kali ini hanya mendata pengendara yang tidak memakai masker dan member teguran lisan bagi pelanggar agar tidak mengulangi lagi perbuatannya.

“Ada 35 pelanggar yang tidak mengenakan masker, kita data dan beri peringatan. Selain itu pelanggar diberikan masker untuk dipakai, dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi,” terangnya.

Sementara itu, Kasi Trantibum Kecamatan Sukagumiwang, Taryono mengatakan, pihaknya secara rutin menyosialisasikan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 60A Tahun 2020, tentang pelaksanaan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) secara mikro di wilayah Kecamatan Sukagumiwang.

Tidak sebatas itu, Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatam Sukagumiwang turut menggandeng pemerintah desa dengan membentuk posko-posko PPKM di tingkat desa. “Melalui penanganan pencegahan penyebaran corona  secara linier sampai desa diharapkan dapat memaksimalkan upaya pencagahan virus dan memacu kesadaran warga terhadap pentingnya saling peduli dan menerapkan prokes,” bebernya.

Untuk itu, Taryono mengajak elemen masyarakat bersinergi dalam menyukseskan PPKM mikro, agar kasus Covid-19 di Kabupaten Indramayu bisa terkendali dan terputus.

“Kita tim Satgas Covid-19 tingkat kecamatan terus berusaha mengingatkan dan menegur masyarakat secara langsung agar tertib dalam penerapan prokes,” tukasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *