Gelar Forum Konsultasi Publik, Bappeda Matangkan Rencana Kerja Tahun 2021

oleh -177 views
KESEPA KATAN BERSAMA: Bappeda Indramayu bersama Steakholder membuat kesepakatan Bersama dalam menentukan Rancangan Kerja Pembangunan Daerah (RKPD)Kabupaten Indramayu 2020, Kamis(20/2), di Aula Bappeda.

BADAN Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Indramayu melaksanakan kegiatan forum konsultasi publik bersama perangkat daerah serta perwakilan masyarakat, Kamis (20/2). Kegiatan dilakukan, untuk menghimpun aspirasi dan harapan masyarakat dalam rangka merumuskan kebijakan pembangunan.

Kepala Bappeda Kabupaten Indramayu, Wawang Irawan SH MH menjelaskan, rencana kerja diinput melalui sistem e-planning yang telah terintegrasi. Regulasi baru ini dianggap akan semakin memudahkan perangkat daerah maupun kelompok masyarakat yang berkepentingan, untuk mengajukan usulannya. “Syaratnya adalah jangan sampai terlambat untuk menginput data rencana kerja serta program kegiatan yang akan diajukan. Karena ketika terlambat, maka hal itu tidak akan bisa diusulkan,” terangnya.

SOSIALISASI :Kepala Bappeda H Wawang Irawan SH MH (tengah)
menyampaikan pemaparan terkait rencana RKPD Indramayu 2020.

Ditambahkannya, ada sejumlah program yang menjadi prioritas pembangunan bagi pemerintah. Ini tentunya menjadi peluang bagi perangkat daerah maupun kelompok masyarakat yang berkepentingan, untuk mengajukan usulan rencana kerja serta program kegiatan yang akan dijalankan.

“Ini menjadi peluang bagi perangkat daerah maupun kelompok masyarakat untuk mengajukan usulannya. Anggaran yang turun, akan berasal dari DAK (Dana Alokasi Khusus, red) maupun kegiatan dari kementerian atua lembaga yang dilaksanakan di daerah,” tandasnya.

Ia pun meminta kepada perangkat daerah maupun kelompok masyarakat yang berkepentingan, untuk patuh terhadap regulasi yang telah ditetapkan. Selain itu, ia meminta agar masyarakat bisa diyakinkan dengan program pembangunan yang dijalankan di Kabupaten Indramayu. “Kami berharap Indramayu dibangun tanpa mengesampingkan sektor pertanian, perikanan dan kelautan. Kami yakin masyarakat Indramayu sangat menyambut baik hadirnya investasi. Karena dengan banyaknya investasi yang masuk, kami yakin IPM Kabupaten Indramayu akan mampu terangkat dengan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakatnya,” pungkas mantan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Indramayu.

Dalam acara forum konsultasi publik rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Indramayu tahun 2021 itu, dihadiri oleh seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Indramayu. Turut hadir pula sejumlah organisasi kemasyarakatan (Ormas) maupun organisasi kepemudaan (OKP) di wilayah Kabupaten Indramayu. (dun/adv)