Fraksi PKB Desak Kuwu Baru Segera Dilantik

oleh -132 views
Ketua Fraksi PKB DPRD Indramayu Ahmad Mujani Noer SHI

INDRAMAYU – Pelaksanaan pemilihan kuwu (pilwu) serentak di Kabupaten Indramayu telah dilaksanakan pada 2 Juni 2021 lalu,dan menghasilkan 171 luwu terpilih. Namun hingga saat ini mereka ternyata belum juga dilantik. Akibatnya mereka banyak yang resah. Bahkan pelayanan di desa-desa juga banyak yang mengalami gangguan dan tidak maksimal, hingga ada yang lumpuh.

Ketua Fraksi PKB DPRD Indramayu, Ahmad Mujani Noer SHI mengungkapkan, pihaknya banyak menerima masukan dari para calon kuwu terpilih, yang mempertanyakan kapan mereka akan dilantik. Karena meraka sudah capek menunggu hingga dua bulan lamanya sejak terpilih. “Kami dari Fraksi PKB mendesak Bupati Indramayu agar segera melantik para calon kuwu terpilih, sehingga roda pemerintahan desa bisa segera berjalan normal,” kata Mujani kepada Radar, Selasa (0/8).

Dikatakan, dampak belum dilantiknya kuwu terpilih pelayanan di sejumlah desa mati total dan tidak berjalan maksimal, ketika pemerintahan desa masih dijabat pejabat sementara.

Mujani menambahkan, berdasarkan hasil rapat DPRD dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), sebenarnya sudah ada jadwalnya dari pendaftaran kuwu hingga pemilihan dan pelantikan kuwu. “Sesuai jadwal, pelantikan kuwu dilakukan satu bulan setelah pemilihan. Sementara hari ini sudah lebih dari dua bulan belum dilantik,” tandasnya.

Menurutnya, kondisi ini sangat merugikan para calon kuwu terpilih maupun pemerintahan desa. Untuk itulah ia menghimbau segera dilakukan pelantikan. Kalau memang bupati sibuk, tuturnya, pelantikan bisa dilakukan oleh wakil bupati atau pejabat berwenang atas perintah bupati.

“Mengingat kondisi pandemi Covid-19 dan masih dalam masa PPKM, mungkin pelantikan bisa dilakukan secara bergelombang atau tidak sekaligus. Yang penring segera dilantik,” ujar Mujani. (oet)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.