Fraksi Merah Putih Ogah Tanggapi LKPJ Bupati

oleh -156 views
TOLAK : Juru bicara Fraksi Merah Putih DPRD Indramayu Ruyanto, memberikan keterangan terkait tidak dibacakannya pemandangan umum dari Fraksi Merah Putih, kemarin. FOTO: UTOYO PRIE ACHDI/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU- Fraksi Merah Putih menolak untuk membacakan pemandangan umum fraksinya terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Indramayu tahun Anggaran 2020 dalam Rapat Paripurna di Ruang Sidang Utama DPRD Indramayu, Selasa (23/2).

Alasannya, saat itu yang hadir dari eksekutif bukanlah Plh Bupati yang saat ini dijabat Drs H Rinto Waluyo MPd, namun hanya dihadiri Asda III Setda Indramayu, Ir Suwenda Asmita.

“Ini kan pertanggungjawaban bupati, yang hadir mestinya juga bupati, dan untuk saat ini kan ada Plh Bupati,” ujar Juru Bicara Fraksi Merah Putih Ruyanto, yang mendapat giliran terakhir.

Ruyanto mengatakan, dalam Pasal 69 (1) Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 disebutkan bahwa wajib hukumnya bagi bupati untuk menyampaikan pertanggungjawaban penggunaan anggaran.

Dan laporan pertanggungjawaban juga sudah disampaikan Bupati Indramayu, H Taufik Hidayat beberapa waktu lalu. Tapi yang menjadi persoalan, lanjutnya, bupati yang melaksanakan anggaran tahun 2020 sudah berakhir masa jabatannya, sementara LKPJ 2020 masih dalam pembahasan di DPRD.

“Memang ini hanya laporan, tapi substansinya kan pertanggungjawaban bupati. Siapa yang akan tanggung jawab, karena sebentar lagi sudah ada bupati baru, dan dia bukan yang melaksanakan anggaran tahun 2020,” ujarnya.

Dikatakannya, mestinya penyampaian LKPJ 2020 bisa dilaksanakan pada bulan Januari 2021 lalu. Sehingga bupati yang melaksanakan anggaran tahun 2020 masih bisa memberikan jawaban terhadap berbagai pertanyaan yang disampaikan fraksi-fraksi, sebelum masa jabatannya berakhir 17 Februari lalu.

Rapat paripurna DPRD dalam rangka Penyampaian Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi terhadap LKPJ Bupati Indramayu Tahun 2020 ini dipimpin Ketua DPRD Indramayu, H Syaefudin SH dan unsur pimpinan lainnya. Dalam agenda ini masing-masing fraksi menyampaikan pemendangan umumnya. (oet)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.