FMGB Maksimalkan Peranan Pemuda

oleh -65 views
PAMUDA BANGKIT: Pengurus Forum Masyarakat Gudang Bangkit (FMGB) Desa Jatibarang Baru Kecamatan Jatibarang bersama pemenang turnamen sepak bola antar pemuda di Desa Jatibarang Baru.

INDRAMAYU-Forum Masyarakat Gudang Bangkit (FMGB) Desa Jatibarang Baru, Kecamatan Jatibarang, menggelar talkshow inspiratif pemuda dengan tema revitalisasi kepemudaan yang bersinergi dan berintegritas, di Gedung Serba Guna Blok Gudang, Minggu (22/11). Selain itu, juga mengadakan turnamen sepak bola Fourfeo Cup.

Kegiatan yang menerapkan protokol kesehatan itu, mengundang narasumber Wakil Dekan III FIK UNJ Drs Mustara Musa MPd, Ketua Gudang Bangkit Benny M Ridho dan Moderator M Arief Rahman.

Dalam kesempatan itu, Wakil Dekan III FIK Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Drs Mustara Musa MPd mengatakan, pemuda yang merupakan pewaris masa depan bangsa harus memiliki nalar dan daya pikir yang kritis, kreatif, dan inovatif, apalagi menghadapi era industri 4.0.

KOMPAK: Panitia turnamen sepak bola foto bersama para juara.

“Pemuda harus menjaga dan melastarikan kekayaan yang menjadi ciri khas yang selama ini ada di Jatibarang, dan Jatibarang itu komplit beda dengan daerah lain di Kabupaten Indramayu,” ucap putra asli Desa Jatibarang Baru Kabupaten Indramayu ini.

Dijelaskan Mustara, lokasi Jatibarang yang memiliki stasiun KA, dilintasi jalur pantura, memiliki pasar Induk Jatibarang, serta Ruang Terbuka Hijau (RTH) sebagai sarana mengekspresikan kreativitas warga, sangat potensial untuk mengembangkan bakat dan minat para pemuda di Jatibarang.

“Potensi wilayah Jatibarang yang sangat mendukung, memacu perekonimian pemuda, kita punya gagasan ekonomi kreatif, sehingga pemuda di Jatibatang punya gagasan berwirausaha dan mengembangkan usahanya. Dengan gagasan ini akan merungubah budaya pemuda yang tidak lagi meminta tetapi pemuda yang kreatif, pemuda yang memiliki ide untuk berwirausaha,” ujarnya.

Ketua Forum Masyarakat Gudang Bangkit (FMGB) Benny M Ridho didampingi Ketua Panitia Maulana Attha mengatakan, FMGB adalah wadah bagi para pemuda untuk mengembangkan potensi. Adanya talkshow, lanjutnya, menjadi inspirasi dan membuka pola pikir pemuda agar bisa berkembang.

“Dengan kegiatan ini diharapkan pemuda memiliki rasa tanggung jawab, peduli, dan dedikasi pada masa depan di Blok Gudang Jatibarang khusunya, dan Indramayu pada umumnya,” katanya.

Selain mengadakan talkshow dan turnemen sepak bola, FMGB juga membuat taman penghijauan di area sekitar gedung serba guna, dan paket partisipasi penjualan seperti sumbangan kegiatan dengan penawaran penjualan barang atau makanan.

“Terima kasih kepada tokoh masyarakat Desa Jatibarang Baru, Faluri’s dan Rizal Game and Sport yang mendukung kegiatan ini,” pungkasnya. (oni/adv)