FIFGROUP Peduli Lingkungan

oleh -85 views
PEDULI LINGKUNGAN: Pelaksanaan kick-off penanaman pohon oleh Human Capital (HC), General Support (GS) & Corporate Communication Director FIFGROUP Esther Sri

INDRAMAYU-Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PT Federal International Finance (FIFGROUP) yang merupakan salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk, mengadakan Kick-off Hijaukan Bumi dan Lingkungan “Penanaman Pohon Endemik FIFGROUP 2021”.

Bahkan, dalam penanaman pohon ketapang secara serentak di 55 titik se-Indonesia yang dilakukan FIFGROUP cabang di daerah masing-masing, Senin (28/6), memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Dalam Kick-off penanaman tanam pohon itu, secara simbolis dilakukan oleh Human Capital (HC), General Support (GS), & Corporate Communication Director FIFGROUP Esther Sri Harjati, Astra Financial & FIFGROUP Advisor R Sutjahja Nugroho, dan Chief of Corporate Communication & Corporate Social Responsibility (CSR) FIFGROUP Yulian Warman, di Menara FIF, Jakarta.

Selanjutnya, diikuti secara serentak FIFGROUP cabang se-Indonesia yang menyerahkan bibit ketapang kepada penerima, kemudian ditanam di lokasi yang rawan bencana.

Chief of Corporate Communication & Corporate Social Responsibility (CSR) FIFGROUP Yulian Warman mengatakan, sebanyak 4.500 pohon endemik Indonesia ditanam oleh 55 cabang FIFGROUP di seluruh Indonesia. Dikatakan Yulian, pohon endemik sendiri merupakan pohon yang keberadaannya unik di suatu wilayah dan tidak ditemukan di wilayah lain secara alami. “Pemilihan bibit pohon endemik juga bertujuan agar keberlangsungan ekosistem pohon endemik terus terjaga. Program ini telah dipersiapkan dengan konsultasi dengan dinas terkait di 55 titik penanaman, dan program ini didukung oleh dana sosial syariah,” jelas Yulian.

Dirinya berterima kasih kepada keluarga besar FIFGROUP yang telah melakukan gerakan mulia yaitu penanaman 4.500 pohon endemik di Indonesia.

Lebih lanjut, dikatakan Yulian, mengacu pada tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021, yaitu restorasi ekosistem, FIFGROUP tergerak untuk dapat ikut andil dan berkontribusi dalam menjaga dan memelihara alam dan lingkungan.

Yulian berharap, dengan kegiatan ini dapat membantu menghijaukan kembali alam dan lingkungan, sekaligus memelihara keberlangsungan pohon endemik di tiap daerah. “Selama kurun waktu 10 tahun dari 2011-Mei 2021, FIFGROUP sudah melakukan tanam pohon sebanyak 80.564 pohon,” ungkapnya.

Menurutnya, bibit pohon endemik yang dipilih adalah ketapang merupakan jenis pohon tepi pantai yang rindang, dan dapat hidup dimana saja serta memiliki nilai ekonomis dan ekologis dalam pemulihan kawasan hulu sungai.

“Kriteria lokasi pelaksanaan penanaman pohon endemik ini diutamakan area rawan bencana banjir atau longsor di tiap daerah. Namun untuk beberapa lokasi cabang yang sulit akses, maka akan bisa ditanam di lokasi yang mudah diakses,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Cabang FIFGROUP Cabang Jatibarang Denny Parmonangan Hutagaol mengatakan, telah menyalurkan bantuan bibit pohon ketapang kepada Pemerintah Desa Widasari, untuk ditanam di bagian sungai yang rawan banjir dan Embung Widasari. Sehingga, program FIFGROUP Peduli Lingkungan ini dapat memberikan manfaat bagi alam dan melindungi ekosistem sekelilingnya, terutama melindungi masyarakat yang tinggal didaerah yang rawan banjir dan longsor.

“Kegiatan sangatlah diperlukan khususnya di daerah rawan banjir dan longsor karena selain menjaga ekosistem, bibit pohon ini nantinya juga akan dapat melindungi generasi anak cucu kita di masa yang akan datang. Ini juga bentuk tanggung jawab sosial perseroan kepada bumi kita tercinta, Indonesia,” tutur Denny. (rls/oni/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.