Evan dan Zahra Jadi Duta Baca Indramayu

oleh -57 views
DUTA BACA: Evan Abdussalam dan Zahra Akira Maheswari sebagai Duta Baca Indramayu, akhir pekan kemarin.

INDRAMAYU-Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Indramayu untuk menggelar Pemilihan Duta Baca Indramayu tahun 2021.

Pemilihan duta baca yang baru pertama kali ini, akhirnya memilih Evan Abdussalam dan Zahra Akira Maheswari sebagai Duta Baca Indramayu tahun 2021.

Keduanya berhasil menyingkirkan 24 finalis pada puncak Grand Final Duta Baca Indramayu yang berlangsung pada Minggu Sore (19/9) di Hotel Wiwi Perkasa II Indramayu.

Kepala Disarpus Kabupaten Indramayu Iwan Hermawan mengatakan, Indramayu memiliki langkah konkret dalam meningkatkan minat baca terhadap masyarakat melalui program Gerakan Pengembangan Indramayu Membaca (Gerbang Maca) pada tahun 2018.

Menurutnya, Gerbang Maca menjadi pertama di Jawa Barat bahkan Indonesia yang memiliki Peraturan Daerah (Perda) atas dasar inisiatif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indramayu.

“Adanya Gerbang Maca pada waktu itu, yang tadinya hanya 26 orang yang masuk perpustakaan per hari, sekarang setelah direkap, dalam 1 hari masuk 306 orang per hari,” ungkapnya.

Iwan berharap, keberadaan Duta Baca Indramayu dapat berkontribusi dalam upaya memaksimalkan program Gerbang Maca hingga pelosok desa dan mewujudkan visi dan misi Indramayu Bermartabat dari segi pendidikan dan literasi.

“Siapa yang harus menggerakkan Gerbang Maca agar dapat optimal? Maka jawabannya adalah Duta Baca Indramayu ini. Semoga kehadiran mereka dapat meningkatkan minat membaca di Indramayu, karena kita ingin mewujudkan Kabupaten Indramayu yang literasi menuju Indramayu Bermartabat,” harapannya.

Sementara itu Ketua Paguyuban Duta Baca Provinsi Jawa Barat Imam Muhammad Agung Fauzy mengungkapkan, Duta Baca Indramayu menjadi pionir sekaligus mendorong literasi muda dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan Indeks Literasi di Kabupaten Indramayu.

“Ini adalah tugas Duta Baca Indramayu dan juga tugas bersama untuk para finalis dalam meningkatkan angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sekaligus Indeks Membaca di Indramayu,” ungkapnya.

Imam berharap, Duta Baca Indramayu dan para finalis dapat bersinergi dan berkolaborasi dalam satu wadah paguyuban untuk mewujudkan masyarakat yang literat dan berpengetahuan.

“Saya ingin Paguyuban Duta Baca Indramayu sebagai implementasi dari kegiatan seremonial ini agar tidak berpencar. Tetapi ketika dihimpun dalam satu paguyuban ini, akan mendapatkan dorongan yang luar biasa karena dengan kolaboratif untuk mewujudkan Indramayu Bermartabat, Jabar Juara dan Indonesia Maju bisa terwujud,” harapannya. (oet/rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.