Es Pisang Ijo Bikin Nagih, Kolak Tape Singkong Cepat Ludes

oleh -183 views
KHAS RAMADAN: Es Pisang Ijo Bang Jol laris manis diburu konsumen untuk takjil berbuka puasa, kemarin

Aneka makanan dan minuman untuk berbuka puasa (takjil) bermunculan saat bulan Ramadan. Di wilayah Kabupaten Indramayu bagian barat (Inbar), salah satu kuliner khas berbuka puasa yang cukup istimewa adalah es pisang ijo Bang Jol.

KHOLIL IBRAHIM, Patrol

KUDAPAN ini istimewa, karena sangat jarang dijual di tempat lain. Hanya di tepi Jalan Raya Patrol-Haurgeulis tepatnya di toang Limpas. Lebih istimewa lagi, penjualnya Bang Jol dan istri hanya menjual Es Pisang Ijo hanya dibulan puasa. “Kalau gak bulan Ramadan, kita gak jualan,” ujarnya.

Melihat takjil yang satu ini, siapa pun akan mudah sekali tergoda untuk mencicipi dan menikmatinya hingga ludes. Betapa tidak, warna hijau cerah yang membalut pisang serta kuah sirup berwarna merah segar yang dicampur parutan es menghasilkan paduan warna sempurna. Apalagi hargaya cukup terjangkau cuma Rp10 ribu perporsi.

Saat dicicipi, siapa pun akan setuju bahwa cita rasa kudapan ini memang istimewa. “Rasanya mantap, bikin ketagihan,” ucap Tika, salah seorang konsumen.

Tak hanya pisang ijo, wilayah Inbar khususnya Kecamatan Anjatan, Patrol dan Sukra masih memiliki banyak kudapan sedap lain yang biasa dinikmati saat berbuka.

Cobalah kolak tape singkong. Kolak ini memang memiliki nilai plus, yaitu rasa tape yang kental dipadu dengan santan encer.

Kenikmatan kolak ini semakin paripurna dengan taburan susu cair kental dan disantap saat dingin. Rasanya yang kecut manis segar, kolak tape singkong dijamin akan mengembalikan dahaga setelah seharian berpuasa.

“Kolak tape singkon paling banyak dibeli mas. Mungkin karena rasanya yang macam-macam tapi jadi satu. Pas untuk berbuka puasa,” ujar Wanto (25) salah seorang pedagang takjil.

Selain tape singkong, makanan ringan yang juga banyak dicari adalah kolak pisang dan kolak sukun. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.