Elektabilitas Demokrat dan AHY Melesat

oleh -92 views
HE Herman Khaeron

INDRAMAYU-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) belakangan rajin keliling nusantara pasca pemerintah menolak mengesahkan hasil KLB ilegal. Hal ini ternyata membuat  elektabilitas Partai Demokrat terus melesat dan menempati urutan kedua. 

Pencapaian elektabilitas partai besutan SBY ini bertengger pada angka 11,3%, di bawah PDIP dengan elektabilitas 24,0%. Disusul Partai Gerindra di posisi ketiga dengan elektablitas 9% dan Partai Golkar dengan elektabilitas 7,4% dan urutan kelima yakni PKS dengan elektabiltas 5,6%.

Berdasarkan rilis yang diterima Radar, Kamis (6/5), angka tersebut berdasarkan hasil survei Lembaga Pendidikan, Penelitian, Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) pada periode 8-15 April di 34 provinsi, dengan 1.200 responden dan margin of error 2,8%.

“Hasil survei itu terangkum dalam ‘Survai Pendapat Masyarakat Isu-Isu Aktual Parpol serta Kandidat Capres Menuju 2024’ disampaikan Peneliti LP3ES Erwan Halil, didampingi Direktur LP3ES Fajar Nursahid pada Rabu 5 Mei 2021 di Jakarta dan Prof Firman Noor dari LIPI hadir sebagai penanggap,” kata anggota DPR RI Fraksi Demokrat  yang juga anggota DPR dapil Cirebon-Indramayu, Dr Ir HE Herman Khaeron MSi.

Imbas dari survei itu, kata politisi yang akrab disapa Hero itu, terlihat pada elektabilitas tokoh kandidat capres. Elektabilitas Ketua Umum Partai Demokrat (PD) AHY mencapai 8,8%, menjadikan AHY satu-satunya tokoh non pejabat publik yang masuk dalam lima besar tokoh nasional dengan elektabilitas tertinggi.

Di atas AHY, elektabilitas tertinggi masih dipegang oleh Prabowo Subianto. Elektabilitas Ketum Gerindra dan Menteri Pertahanan ini mencapai 16,4%, disusul oleh Gubernur DKI, Anies Baswedan dengan 12,8%, lalu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dengan 9,6%.

Di bawah AHY adalah Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dengan 7,5% serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno yang juga Waketum Gerindra, dengan 6,2%.

Saat popularitas Ketua-ketua umum partai politik di Senayan dibandingkan, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berada di urutan pertama dengan 27,6%, diikuti oleh Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarno Putri (23,3%). Di luar dugaan, popularitas Ketua Umum PD AHY berada di posisi ketiga dengan 21,5%, diikuti Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (6,8%), dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (6,1%).

Figur pemimpin partai politik saat ini cukup popular adalah Prabowo Subianto (27,6%), Megawati Soekarno Putri (23,3%), Agus Harimurti Yudhoyono (21,5%) kemudian Muhaemin Iskandar (6,8%), Airlangga Hartanto (6,1%), Zulkifli Hasan (4,6%) dan Presiden PKS, Akhmad Syaikhu (3,2%). (oet) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.