Dokmaru Disambut Antusias Warga

oleh -104 views
PROGRAM UNGGULAN: Bupati Hj Nina dan Kepala Dinas Kesehatan Indramayu dr Deden Bonni Koswara (dua dari kanan) siap memberikan pelayanan kesehatan melalui program Dokmaru, belum lama ini. FOTO: KOMARUDIN KURDI/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU- Sepuluh program unggulan dalam 100 hari kerja Bupati Hj Nina Agustina SH MH CRA dan Wakil Bupati Lucky Hakim, disambut baik oleh masyarakat Indramayu. Salah satunya adalah program kesehatan yang menghadirkan pelayanan langsung kepada masyarakat. Yakni program dokter masuk rumah (Dokmaru).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu, dr H Deden Bonni Koswara menjelaskan, Dokmaru akan menjadi jawaban cepat (quick respon) dalam penanganan kesehatan, terutama bagi warga yang sangat membutuhkan.

Dijelaskan Deden, dalam implementasinya, Dokmaru menjadi public safety centre (PSC) 119 yang nantinya ada di Dinas Kesehatan Indramayu. “PSC 119 adalah call centre untuk layanan cepat tanggap darurat kesehatan,” ujar Deden.

Lebih lanjut, diterangkan Deden, Dinas Kesehatan, Puskesmas, dan Rumah Sakit Umum Daerah di Kabupaten Indramayu akan saling terkoneksi dengan adanya call centre tersebut. “Pada tahun 2021 ini, secara bertahap, akan terhubung dengan sistem program unggulan Dokter Masuk Rumah (Dokmaru, red) untuk menangani aduan dan keluhan permasalahan kesehatan di Kabupaten Indramayu,” jelasnya.

Dalam pelaksanaanya, lanjut Deden, masyarakat yang dalam keadaan darurat bisa langsung menghubungi Call Center 119  atau kontak ke nomor 081119119444 yang ada di Dinas Kesehatan.

Setelah itu, sambungnya, operator akan menghubungi Puskesmas terdekat yang kemudian pihak Puskesmas segera mengirimkan tim medis dan ambulans ke rumah atau lokasi orang yang melakukan panggilan darurat tersebut.

“Jika berdasarkan hasil pemeriksaan dokter di rumah pasien harus dirujuk ke rumah sakit, maka ambulans akan segera mengantarkannya. Dokmaru hadir untuk menyelesaikan permaslaahan kesehatan yang sangat membutuhkan,” katanya.
Deden menambahkan, saat ini persiapan untuk mematangkan program tersebut terus dilakukan. Diantaranya dengan menyamakan persepsi antara Dinas Kesehatan, Puskesmas, dan Rumah Sakit.

“Ini merupakan program pelayanan kepada masyarakat. Supaya mereka bisa secepatnya mendapat pelayanan kesehatan,” pungkasnya, belum lama ini. (kom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *