Distribusikan 2.000 Paket Daging Kurban

oleh -40 views
KURBAN: Panitia kurban Masjid Jami Nurul Huda Jatibarang di tahun ini menyembelih 4 ekor sapi dan 18 ekor kambing yang dagingnya akan dibagikan kepada 2.000 warga kurang mampu di wilayah Desa/Kecamatan Jatibarang, kemarin. FOTO: ANANG SYAHRONI/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU – DKM Jami Nurul Huda Jatibarang menyembelih 4 ekor sapi dan 18 ekor kambing di hari kedua Hari Raya Idul Adha, Rabu (21/7). Kegiatan penyembelihan hewan kurban yang tersentral di halaman Masjid Jami Nurul Huda Jatibarang, Desa Jatibarang ini dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Orang luar, selain panitia tidak diperkenankan masuk ke lingkungan masjid selama prosesi pemotongan sampai pendistribusian daging kurbannya. 

Ketua Panitia Kurban Sekhudin melalui sekretaris panitia Wahyu Ghufron menyebutkan, dari jumlah hewan kurban yang disembelih sebanyak 4 ekor sapi dan 18 ekor kambing akan dijadikan sebanyak 2.000 paket daging kurban. Nantinya dibagikan kepada masyarakat membutuhkan baik masyarakat kurang mampu (fakir miskin) yang paling terdampak pandemi Covid-19 di wilayah Desa Jatibarang.

“Alhamdulillah ada sebagian masyarakat yang memercayakan hewan kurban dan pembagiannya kepada DKM. Agar tepat sasaran 3 hari sebelum kurban warga penerima manfaat didata oleh masing-masing RT dan data diberikan ke panitia,” ucap Ghufron.

Selanjutnya dalam pendistribusian daging hewan kurban, Ghufron menjelaskan panitia tidak membagikan kupon kepada masyarakat. Pembagian daging kurban secara langsung diantarkan dari rumah ke rumah oleh ketua RT setempat, sehingga tidak menimbulkan kerumunan di lokasi masjid ataupun di rumah ketua RT. 

“Panitia juga ada instruksi dari Satgas Covid-19, tidak menimbulkan kerumunan proses penyembelihan sampai paket daging dibagikan panitia menjamin penerapan prokes secara ketat, menerapkan 5 M, kami juga dicek suhu tubuhnya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DKM Jami Nurul Huda Jatibarang KH Masruhin Sarwani mengatakan, dalam pendistribusian daging diantarkan secara langsung ke rumah mustahiq melibatkan remaja masjid, ketua RT dan RW, yang sasaran penerima daging hewan kurban diutamakan fakir miskin di Desa Jatibarang. 

“Sejak dulu kami DKM dan Panitia Kurban Masjid Jami Nurul Huda Jatibarang pembagiannya secara langsung door to door, jadi sudah punya data siapa saja warga yang berhak menerima daging hewan kurban,” ujarnya.

Kiai Masruhin berharap daging hewan kurban yang telah dibagikan kepada masyarakat bisa bermanfaat bagi mereka. Pihaknya pun berterima kasih kepada masyarakat yang memberikan kepercayaan dan menyerahkan hewan kurban ke DKM/pantia.

“Semoga bermanfaat bagi penerima, dan warga yang mempercayakan hewan kurban kepada kami mendapat pahala dan balasan dari Allah SWT,” ujarnya. (oni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.