Distribusi Logistik Pilkada Dikawal Ketat

oleh -42 views
SURAT SUARA : Logistik surat suara pilkada Indramayu 2020 mulai didistribusikan ke PPK, Rabu (2/12). FOTO: UTOYO PRIE ACHDI/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu mulai mendistribusikan logistik surat suara pemilihan bupati dan wakil bupati Indramayu 2020 ke-31 Panitia Pemilihan Kecaamatan (PPK), Rabu (2/12). Pendistribusian surat suara ini dikawal ketat anggota kepolisian.

Ketua KPU Indramayu, Ahmad Toni Fatoni menjelaskan, jumlah surat suara yang sudah didistribusikan itu sama dengan jumlah surat suara sesuai berita acara (BA) penyortiran dan pelipatan (sorlip) sebanyak 1.335.538 lembar.

Jumlah tersebut  sudah termasuk  surat suara cadangan 2,5 persen dari DPT Pilkada Indramayu. Sementara jumlah DPT Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Indramayu pada 9 Desember 2020 sebanyak 1.302.788 jiwa.

Sementara untuk pendistribusian surat suara dari gudang PPK ke tingkat PPS, akan dilakukan pada H-2 atau tanggal 7 Desember dan pendistribusian dari PPS ke TPS dijadwalkan pada H-1. Pendistribusian logistik surat suara  sesuai SOP dikawal oleh kepolisian hingga gudang KPU di PPK.

Sementara, kesibukan pendistribusian logistik Pilkada masih berlangsung di sejumlah PPK. Sampai dengan Kamis (3/12), progressnya sudah mencapai 90 persen. Sedangkan sisanya lagi akan terpenuhi dalam waktu dekat.

“Pengiriman logistik masih berlangsung, kalau di kita sudah sekitar 90 persen terpenuhi. Dalam waktu dekat dikirimkan berkas-berkas lain yang dibutuhkan,” sebut ketua PPK Sukra, Dulkornen SPdI MM.

Logistik yang terkirim diantaranya kotak dan bilik suara, tinta, sejumlah ATK, buku panduan, dan alat penunjang protokol kesehatan Covid-19. Demikian pula dengan logistik berupa surat suara yang telah diterima sejak sehari sebelumnya.

Tiba di sekretariat PPK, semua logistik langsung disimpan kedalam gudang. “Kita di PPK menyiapkan lokasi gudang penyimpanan dan teknis lainnya. Kita juga dibantu pihak Bawaslu, kepolisian, TNI dan Satpol PP dalam melakukan pengawasan dan penjagaan,” kata dia.

Dulkornen menegaskan, proses penerimaan logistik tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian corona virus disease 2019 (Covid-19).

Senada disampaikan Ketua PPK Gantar, Carno SPd. Semua logistik Pilkada yang diterima telah dimasukkan kedalam gudang penyimpanan. Diberlakukan penjagaan ketat selama 24 jam dengan sistem piket. “Dibuat jadwal piket. Penjagaan logistik sejak kali pertama diterima minggu lalu,” ujar dia.

Selanjutnya, logistik Pilkada akan dikirimkan ke masing-masing Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada 7-8 Desember 2020 atau saat masa tenang. “Kami berharap 9 Desember nanti atau hari pencoblosan tidak ada masalah lagi terkait logistik dan berjalan lancar sampai ke tingkat TPS,” tandasnya

Seperti diketahui, pemilihan bupati dan wakil bupati Indramayu akan digelar 9 Desember 2020, serentak dengan daerah lainnya. Empat pasangan calin siap untuk bertarung merebut simpati rakyat. Yaitu pasangan nomor urut 1, Muhammad Sholihin-dr Hj Ratnawati yang diusung PKB, Demokrat, PKS, Hanura dan PPP. Kemudian nomor urut 2 pasangan Toto Sucartono-Deis Handika (perseorangan), pasangan nomot urut 3 H Daniel Mutaqien Syafiuddin-H Taufik Hidayat dari Partai Golkar, dan pasangan nomor urut 4, Nina Agustina-Lucky Hakim yang diusung PDI Perjuangan, Gerindra, dan Nasdem. (oet/tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.