Dirikan Posko PPKM Mikro Hingga Bentuk Relawan Covid-19

oleh -59 views
LAWAN CORONA: Pemdes Tugu Kecamatan Lelea bersama petugas Posko PPKM Mikro melakukan antisipasi menyebaran Covid-19 di wilayahnya, kemarin. FOTO: ANANG SYAHRONI/RADAR INDRAMAYU

Kewaspadaan terhadap penularan virus corona terus dilakukan seluruh stakeholder di Kabupaten Indramayu. Termasuk, aparat Desa Tugu Kecamatan Lela. Sejumlah ikhtiar dilakukan, salah satu terbaru adalah membentuk relawan Covid-19.

ANANG SYAHRONI, Lelea

PANDEMI Covid-19 belum beakhir. Saat ini sejumlah daerah mengalami tren kenaikan kasus Covid-19 pasca libur Lebaran. Kendati, Kabupaten Indramayu masuk zona oranye, tetapi pencegahan terhadap penularan virus corona terus digencarkan sampai tingkat desa. Bahkan, sampai level RW dan RT.

Pemdes Tugu Kecamatan Lelea, salah satu yang waspada dengan penularan virus mematikan ini. Pemdes Tugu membentuk Relawan Covid 19, Senin (31/5), di aula kantor kuwu (kepala desa) setempat.

Kuwu Desa Tugu, H Zaenal Arifin menyatakan, pembentukan relawan Covid 19 adalah sebagai salah satu ikhtiar pemerintah desa dalam rangka pencegahan Covid-19 di tingkat desa. “Kerja sama antara pemerintah, lembaga dan masyarakat kita bahu membahu untuk memerangi Covid-19,” jelas Zaenal.

Relawan Covid-19 ini, lanjut Zaenal bersama pemdes dan aparat kepolisian sektor (Polsek) Lelea dan Koramil Lelea bekerja untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan (prokes) 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan air mengalir dan menjaga jarak atau menghindari kerumunan.

Selain membentuk relawan Covid-19, pihaknya juga mendirikan Posko PPKM Mikro sebanyak 6 posko. “Setiap blok atau dusun ada satu posko sedangkan satu lagi ditempatkan di balai desa,” terangnya. 

Menurutnya, hadirnya posko PPKM mikro di setiap dusun atau blok untuk melaksanakan pengawasan, pembinaan dan pendisiplinan masyarakat setempat maupun warga pendatang untuk mentaati protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah.

Sedangkan relawan Covid-19, sambungnya, dibentuk untuk memudahkan informasi yang terjadi di salah satu dusun atau blok.

“Setiap relawan Covid-19 Desa Tugu dapat melaksanakan pengawasan, pembinaan dan pendisiplinan kepada masyarakat yang terdapat di posko PPKM masing-masing,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Lelea AKP H Agus Priyanto SH melalui Babinkamtibmas Desa Tugu Bripka Iip Ipandi mengatakan, dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona masyarakat harus ikut mematuhi aturan dari pemerintah untuk tetap selalu menjaga kesehatan, menjaga daya tahan tubuh, menjaga kebersihan lingkungan, menjaga kesehatan dan menjaga jarak.

Selain itu, Iip juga mengimbau masyarakat tetap menjaga keamanan di wilayah masing-masing, dan senantiasa menjaga kondusivitas agar tercipta desa damai dan aman.

“Jangan lupa memakai masker setiap kali melakukan aktivitas di luar rumah, tetap mentaati aturan pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tukasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.