Dihelat di Desa, Panitia Siapkan Zoom untuk Hindari Kerumunan

oleh -186 views
RAPAT PERSIAPAN: Muspika Kecamatan Jatibarang bersama para ketua Panpilwu di Kecamatan Jatibarang membahas persiapan penetapan dan pengundian nomor urut calwu, kemarin.FOTO: ANANG SYAHRONI/ RADAR INDRAMAYU

Pemilihan kuwu (Pilwu) Serentak di Kabupaten Indramayu akan memasuki tahapan pengundian nomor urut. Rencananya, pengundian nomor urut tidak di kecamatan. Akan tetapi dihelat di setiap desa yang menggelar pilwu itu sendiri. Bagaimana aplikasinya?

ANANG SYAHRONI, Jatibarang

PIHAK panitia pemilihan kuwu di desa akan semakin. Selain menyiapkan pengundian nomor urut, juga harus menyiapkan teknologi karena pengundian nomor urut akan menggunakan aplikasi zoom meeting untuk menghindari kerumunan massa.

Hal itu terungkap dalam rapat koodinasi antara Muspika Kecamatan Jatibarang bersama 11 ketua panitia tingkat desa yang menggelar pemilihan kuwu di Kecamatan Jatibarang, Jumat  (16/4), di Kantor Kuwu Pawidean.

Mereka juga membahas berbagai persiapan mekanisme cara pengundian nomor calon kuwu setelah bakal calon kuwu ditetapkan sebagai calon kuwu, setelah tahapan verifikasi dan seleksi.

“Dalam rapat juga membahas RAB anggaran kuwu adanya perubahan,” kata Camat Jatibarang Indra Mulyana AP MSi usai menggelar rapat.

Dijelaskannya, anggaran yang disusun tetap harus memprioritaskan untuk kebutuhan Covid 19 menjadi prioritas, mengingat saat ini masih pandemi.

“Sebentar lagi akan digelar pengundian nomor sehingga semua perlu persiapan dan koordinasi yang baik agar berjalan aman, lancar, dan tetap berpedoman pada penerapan prokes,” ujarnya.

Diungkapkan Indra, dalam rapat koordinasi juga melahirkan sejumlah kesepakatan lainnya, yakni adanya deklarasi damai pada tanggal 21 April 2021, pengundian nomor urut satu hari kemudian tepatnya tanggal 22 April 2021 di setiap desa yang menggelar pilwu.

Sementara itu, Kapolsek Jatibarang Kompol Alka Nurani SH meminta panitia untuk selalu koodinasi dengan pihak keamanan, dalam hal ini Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk teknis pengamanan kedatangan dan kepulangan calon kuwu. “Panitia harus menyiapkan aplikasi zoom meeting untuk memantau proses pengundian nomor urut,” ujarnya.

Alka berharap, tahapan pilwu bisa berjalan lancar sesuai dengan harapan semua. “Panitia harus perhatikan aturan pelaksanaan pilwu, dan selalu koordinasi dengan pihak keamanan,” tandasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *