Curah Hujan Tinggi, Panen Padi Merosot

oleh -181 views
MULAI PANEN: Petugas BPP Gantar saat melakukan pengubinan padi siap panen di Desa Bantarwaru, kemarin. FOTO: KHOLIL IBRAHIM/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Sejumlah desa di wilayah Kecamatan Gantar mulai memasuki musim panen padi. Walau produksi gabah merosot. Petani disana tetap bersyukur. Bisa panen, disaat petani di kecamatan lain didera kelangkaan pupuk subsidi sampai musibah banjir. Hingga ada yang baru tanam, terpaksa diulang.

Koordinator Penyuluh Pertanian BPP Kecamatan Gantar, Dedi Setiadi menyebutkan, dari 7 desa, sudah ada lima desa yang mulai panen. Yaitu Desa Gantar, Bantarwaru, Mekarwaru, Sanca dan sebagian Mekarjaya.

Dia membenarkan, hasil panen padi musim rendeng ini kurang menggembirakan. Berdasarkan hasil ubinan, rata-rata produksi gabah di kisaran 7,5 ton dari potensi 9 ton per hektare. Lebih tinggi dari hasil ubinan BPS, di kisaran 6 ton per hektare.  “Itu hasil kotor. Produksinya lagi turun memang,” ujarnya kepada Radar, Selasa (9/3).

Penurunan produksi, ungkapnya, disebabkan kualitas gabah yang kurang bagus. Akibat intensitas hujan tinggi. Ditambah lagi serangan hama tikus dan organisme pengganggu tanaman lainnya.

“Ada sebagian yang kena serangan hama wereng, tapi bisa ditangani. Yang sulit itu hama tikus. Kalau soal pupuk, aman,” katanya.

Hujan yang turun terus menerus memang membuat kualitas gabah menurun. Berdampak pula anjloknya harga bagah basah. Di tingkat petani dikisaran Rp3700-3800/kg. Lebih rendah dari harga pembelian pemerintah (HPP). “Kualitas dan harga gabah jatuh, petani kami tetap bersyukur. Tidak ada yang sampai gagal panen,” sambungnya.

Tak mau memendam duka lama-lama, pihaknya telah meminta para petani untuk menerapkan sistem culik. Yakni sembari panen melakukan penyemaian benih padi untuk persiapan musim tanam berikutnya. Memanfaatkan musim penghujan yang masih berlangsung.

“Semai sekarang, nanti tanam sekitar bulan April. Panen padi diperkirakan Juli, habis lebaran,” tandasnya. (kho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *