Cuaca Buruk, Nelayan Diimbau Tidak Melaut

oleh -166 views
IMBAUAN: Jajaran Dit Polairud Polda Jabar Pangkalan Kapal Patroli Eretan meimbau nelayan tidak melaut sementara karena cuaca ekstrem, kemarin. FOTO: KOMARUDIN KURDI/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Nelayan di Kabupaten Indramayu diimbau untuk sementara tidak pergi melaut. Pasalnya, saat ini kondisi cuaca di perairan Laut Jawa tidak bersahabat. Nelayan bisa kembali melaut jika kondisi cuaca reda.

Imbauan tersebut disampaikan Ditpolair Polda Jabar melalui Komandan Kapal Pol VIII-1006 Ditpolairud Polda Jabar Pangkalan Kapal Patroli Eretan, Bripka Masnudin.

Dikatakan Masnudin, dengan datangnya musim barat sering terjadi ombak besar dan angin kecang yang datang secara tiba-tiba.  

Itu biasa terjadi ketika hendak turun hujan. Pekan kemarin, akibat cuaca buruk sejumlah kapal dan perahu nelayan tenggelam.

Lebih lanjut, dikatakan Masnudin, imbauan larangan melaut bagi para nelayan sebagai upaya untuk mencegah terjadinya kecelakaan dilaut. Apalagi bagi perahu-perahu kecil.

“Dari informasi pihak terkait pada 25 hingga 29 Desember nanti akan terjadi ombak besar dan angin kencang. Maka dari itu, Kami memberikan imbauan kepada nelayan, terutama perahu kecil untuk sementara tidak melaut dulu,” ujarnya didampingi Kapten Kapal Patroli 2471 Satpolair Polres Indramayu, Aiptu Dirman, Kamis (17/12).

Bagi nelayan Indramayu menggunakan kapal motor yang saat ini masih berada di laut baik berada di perairan laut Jawa maupun di daerah lain, Masnudin mengimbau untuk menggunakan alat keselamatan dengan memakai life jaket atau baju berenang. Nahkoda juga diminta mencari perlindungan untuk keselamatan diri dan anak buah kapal (ABK). “Jika sewaktu-waktu ada ombak besar dan angin kencang disarankan berlindung di pulau kecil atau tanjung,” katanya. (kom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *