Cegah Pilwu Jadi Kluster Penularan Covid-19

oleh -89 views
RAZIA: Satgas PPKM Mikro Desa Bugel, Kecamatan Patrol menggelar razia dan edukasi disiplin penerapan prokes, Selasa (30/3).

INDRAMAYU-Pemberlakuan Pembatasan Aktivitas Masyarakat (PPKM) skala mikro semakin diperketat. Menyusul mulai abainya masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan penularan Covid-19. Terlebih saat ini, tahapan Pemilihan Kuwu (Pilwu) Serentak tahun 2021 di Kabupaten Indramayu terus berjalan. Di sisi lain, persebaran penuaran virus corona di Bumi Wiralodra masih belum terkendali.

“Salah satu tujuannya itu. Agar jangan sampai tahapan Pilwu Serentak menjadi kluster penularan Covid-19. Makanya  protokol kesehatan harus diterapkan secara ketat,” kata Pj Kuwu Bugel Kecamatan Patrol, Hery Nurdiansyah SE, di sela razia sekaligus sosialisasi PPKM Mikro, Selasa (30/3).

Desa Bugel, memang menjadi salah satu desa yang akan melaksanakan Pilwu Serentak. Pihaknya mengakui, penyelenggaraan pesta demokrasi ditingkat desa ini sangat riskan menjadi sumber penularan Covid-19.

Indikasinya, turunnya kesadaran warga untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan terutama memakai masker saat beraktivitas diluar rumah. Pemdes Bugel pun gencar mengajak tokoh komunitas dan tokoh masyarakat menguatkan sosialisasi 3M.

 “Maka dari itu kami bersama Satgas PPKM dari unsur TNI, kepolisian, Dinas Kesehatan dan elemen lembaga desa terus mengingatkan masyarakatkan untuk patuh pada protokol kesehatan agar meminimalisasi potensi munculnya kluster baru Covid-19 dari kontestasi politik Pilwu Serentak,” terang Kuwu Hery.

Ditambahkannya, melalui penerapan PPKM skala mikro, berupaya membangun kesadaran di tingkat lokal, seperti RT/RW tentang pentingnya di dalam keluarga untuk menjaga protokol kesehatan. Sebab, potensi penularan bisa terjadi dalam keluarga, lalu meluas kelingkungan sekitar. (kho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *