Cegah Longsor, Polhut Tanam Pohon

oleh -53 views

INDRAMYU-Ratusan Polisi Kehutanan (Polhut) di Kabupaten Indramayu menanam pohon di kawasan hutan Indramayu, kemarin.

Penanaman pohon jenis jati, gamal, kaliandra dan kayu putih ini dilakukan di hamparan hutan seluas 1180 hektare di wilayah kehutanan Kabupaten Indramayu, yang tersebar di lima Bagian Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH), yakni BKPH Haurgeulis, Plosokerep, Cikawung, Sanca, dan BKPH Jatimunggul.

“Selain berfungsi sebagai daerah resapan air, penanaman pohon di hamparan hutan diharapkan dapat mengantisipasi terjadinya longsor yang terjadi di Kabupaten Indramayu,”  papar Administratur KPH Indramayu Asep Saepudin didampingi Wakil Administratur Ridwan Nur Anwar.

BACA JUGA: Pengurus Persit Nikmati Keindahan Mangrove Sambil Tanam Pohon Magrove

Dikatakan Asep, risiko bencana banjir dan longsor akan bisa dikurangi dengan keberadaan pohon keras yang ditanam oleh polisi kehutanan itu.

Lebih lanjut, dikatakan Asep, gerakan menanam ribuan pohon merupakan kegiatan yang dilakukan Polisi Kehutanan Kabupaten Indramayu, dalam rangka memperingati HUT Polisi Kehutanan yang bertujuan buntuk menjaga kelestarian hutan sebagai salah satu sumber kehidupan manusia.

“Sesuai dengan namanya, Polisi Kehutanan mempunyai tugas pokok yaitu menyiapkan, melaksanakan, mengembangkan, memantau, dan mengevaluasi serta melaporkan kegiatan perlindungan dan pengamanan hutan serta pengawasan peredaran hasil hutan,” tandasnya. Tidak hanya menanam pohon, kegiatan juga ini juga diisi dengan membersihkan sampah yang tercecer di kawasan hutan,” katanya. (jml)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *