Cara Buat Masker Kain dan Hand Sanitizer

oleh -54 views
Mahasiswi KKN UPI Bandung menyalurkan masker dan hand sanitizer ke masyarakat Indramayu yang sedang membutuhkan

INDRAMAYU_ Sebagai upaya penecegahan Covid_19 bagi masyarakat, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik UPI tahun 2020 pada menggelar edukasi secara daring. Disamping itu mereka membuat dan sekaligus menyalurkan masker serta sanitizer.

hingga saat ini pandemi Covid-19 di Indonesia belum juga berakhir. Masyarakat dihimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada ketika keluar rumah. Mulai dari jaga jarak, menggunakan masker, hingga membawa hand sanitizer.

Tak heran bila masker dan hand sanitizer yang dijual di pasaran kini mengalami pelonjakan harga dan stoknya yang mulai langka di pasaran. Namun, tak perlu khawatir karena kita bisa membuat sendiri masker dari kain dan hand sanitizer dari bahan alami.

Pembuatan sanitizer dari daya itu berasal dari daun sirih dan jeruk nipis. Karena Pasalnya tak mudah bagi masyarakat awam untuk menemukan etanol, bahan yang biasa digunakan dalam pembuatan hand sanitizer. Untuk itu mencoba dengan menggunakan bahan yang ada di pekarangan rumah, yakni daun sirih dan juga jeruk nipis.

Daun sirih (Piper betle Linn.) merupakan salah satu tanaman yang diketahui berkhasiat sebagai antiseptik. Rebusan daun sirih juga sudah digunakan secara tradisional untuk mengatasi masalah mulut sebagai cairan berkumur dan mengobati luka.

Sedangkan jeruk nipis (Citrus acrantifolia S.) merupakan salah satu tanaman yang mudah didapatkan di lingkungan masyarat dan banyak digunakan sebagai ramuan tradisional atau campuran sebagai perisa atau aroma.

Selain digunakan sebagai aroma, jeruk nipis juga mengandung unsur-unsur senyawa kimia yang bemanfaat, seperti minyak atsiri yang mempunyai fungsi sebagai antibakteri yaitu flavanoid yang dapat menghambat pertumbuhan Staphylococcus aereus (i) (kuman pada kulit) dan juga memiliki aroma yang khas.

Pembuatan masker kain dan hand sanitizer alami dari bahan daun sirih dan jeruk nipis sangat mudah. Berikut alat dan bahan beserta cara membuatnya. Kita siapkan alat dan bahan pembuatannya meliputi
jarum dan benang atau mesin jahit (jika ada), gunting kain, jarum pentul atau penjepit kertas untuk menahan kain pada tempatnya, saat dijahit, (disarankan katun 100% supaya nyaman), dan bahan dari tali elastis atau tali sepatu.

Sedangkan cara membuatnya
Potong kain dengan ukuran 34 x 40 cm untuk masker, Potong tali elastis dengan ukuran Panjang 20cm atau dapat diganti dengan tali sepatu sebanyak 4 buah, Lipat yang sudah dipotong menjadi 2 hingga kain berukuran 17 x 20 cm, Jahit keempat sisinya sembari bagian tepi dimasukan ke dalam supaya rapi, Lipat 3 kali secara horizontal (mendatar) hingga sisi bagian tali berukuran 9 cm. Supaya lipatan tidak berubah diberi jarum pentul atau penjepit kertas, Jahit bagian tali dengan lipatan 1 cm sembari diselipkan tali elastis atau tali sepatu di setiap sudutnya.

  1. Pembuatan Hand Sanitizer Alami dari Bahan Daun Sirih dan Jeruk Nipis

Kita siapkan alat dan bahan yaitu
Baskom sebagai wadah, Pisau, Panci untuk merebus, Kain bersih (diutamakan yang putih) untuk menyaring, Botol kemasan sebagai wadah hasilnya, Corong untuk menuangkan larutan antiseptik ke botol, Daun sirih 50 gram, Air 200 ml, Jeruk nipis.

Cara Membuatnya Siapkan 50 gram (sekitar 20 lembar) daun sirih, Kemudian cuci bersih dan diangin-anginkan supaya kering, Daun sirih dipotong-potong kecil, Panaskan air 200 ml, lalu tuangkan air panas ke daun sirih yang sudah dipotong-potong, rendam kemudian kukus dengan api kecil selama 15-30 menit, Setelah itu disaring hingga dapatkan air ekstraknya, Tambahkan jeruk nipis, Aduk dan tambahkan air, Tuangkan larutan antiseptik ke dalam botol kemasan.

Selamat mencoba.
(Sivtyana Nur Agiesta,
Universitas Pendidikan Indonesia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.