Cangkingan, Desa Pertama Cetak Langsung KIA dan KK

oleh -190 views
MAJU: Desa Cangkingan Kecamatan Kedokanbunder Kabupaten Indramayu menjadi desa pertama di Indramayu yang bisa mencetak langsung Kartu Identitas Anak (KIA) dan KK di desa.FOTO: ISTIMEWA/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU -Desa Cangkingan Kecamatan Kedokanbunder terus mengalami perkembangan pesat. Dibawah kepemimpinan Kuwu Didi Wahyudi, Cangkingan saat ini menjadi desa yang modern dan maju dalam pelayanan. Salah satunya dalam pelayanan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) maupun Kartu Keluarga (KK). Warga bisa langsung mencetak di desa, dan tidak harus datang ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. 

Pada tanggal 26 Mei 2021 lalu telah dilakukan uji coba pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) di Desa Cangkingan, yang didampingi langsung oleh Kepala Disdukcapil Kabupaten Indramayu, H Mohamad Iskak Iskandar SSos MM.

“Setelah uji coba tersebut, sekarang pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) dapat di lakukan di Desa Cangkingan, tanpa perlu harus hadir ke Kantor Disdukcapil Kabupaten Indramayu. Bagi masyarakat yang hendak membuat Kartu Identitas Anak (KIA) dapat langsung mendatangi balai Desa Cangkingan dengan membawa sejumlah persyaratan,” kata Yudi, panggilan Kuwu Didi Wahyudi, Selasa (1/6).

Yudi menjelaskan, persyaratan pembuatan KIA meliputi fotocopy Kartu Keluarga (KK), fotocopy akta kelahiran, pas foto anak berwarna ukuran 2×3 sebanyak 1 (satu) lembar, fotocopy KTP elektronikkedua orang tua, dan formulir pembuatan KIA.

Bukan hanya pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) saja, lanjut Yudi, sekarang Desa Cangkingan dapat melakukan pembuatan Kartu Keluarga (KK), dengan ketentuan Kartu Keluarga (KK) yang hilang atau rusak dan penambahan anggota keluarga berusia 0-10 tahun, dimana data tersebut tidak ada perubahan dari Kartu Keluarga (KK) sebelumnya.

Dengan Pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) dan Kartu Keluarga (KK) yang dapat di lakukan di desa, tentunya dapat memotong alur birokrasi yang biasanya harus melalui kecamatan serta kantor Disdukcapil.

“Pemerintah Desa Cangkingan berharap hal ini dapat mempermudah masyarakat desa Cangkingan dalam pengurusan pembuatan KIA dan KK,” ujar Yudi. (oet)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.